Keseruan Festival Kemerdekaan Virtual Oleh RDI Bisa Diakses Kapan Saja

Kamis, 16 September 2021 00:00 Reporter : Rizlia Khairun Nisa
Keseruan Festival Kemerdekaan Virtual Oleh RDI Bisa Diakses Kapan Saja RDI. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Festival perayaan kemerdekaan virtual pertama dan terbesar Rumah Digital Indonesia (RDI) yang didukung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah sukses dilaksanakan. Festival ini digelar sejak tanggal 1 Agustus 2021 hingga 31 Agustus 2021 lalu.

RDI merupakan Festival perayaan kemerdekaan virtual pertama dan terbesar. Festival ini hadir dengan 2 acara utama yakni Acara Pembuka dan Acara Puncak Perayaan Kemerdekaan. Acara ini menghadirkan konsep virtual, sehingga masyarakat dapat menjelajahi website Rumah Digital Indonesia yang memiliki berbagai arena dan diisi beragam konten bertema di Indonesia.

Acara yang dikunjungi jutaan pengunjung dan penonton ini, dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Rumah Digital Indonesia, juga menghadirkan berbagai tokoh nasional seperti Putri Tanjung, Sandiaga Uno, Andovi da Lopez, Jovial da Lopez, dan Monalisa Sembor.

Tak hanya itu, dalam rangka menghibur para pengunjung meskipun dari rumah, Rumah Digital Indonesia juga menyelenggarakan Konser Kolaborasi Nasional. Konser ini dimeriahkan oleh Nadin Amizah, Adrian Khalif , Bilal Indrajaya, Idgitaf, serta Sivia.

rdi
©2021 Merdeka.com

Acara Puncak Kemerdekaan Republik Indonesia yang diselenggarakan oleh RDI pada tanggal 16 Agustus 2021 menghadirkan serangkaian acara. Di antaranya, Bincang Bangsa, sebuah diskusi bersama Dr. Dedy Permadi, Faye Simanjuntak, Mandy CJ dan Iyas Lawrence mengenai Perspektif Nasionalisme Gen Z.

Ada juga, Komedi Lokal di mana komika Abdur Arsyad, Arief Brata, Aci Resti, Indra Jegel dan Ge Pamungkas bermain kuis Pantang Mundur. Tak kalah seru, Konser Selebrasi Kemerdekaan dengan membawakan lagu-lagu perjuangan yang diaransemen ulang bersama Yura Yunita, Budi Doremi, Angel Pieters, Jemimah Cita, Putri Ariani, Infinito Singers, Papermoon Puppet Theatre x Najwa Shihab.

Salah satu arena yang paling disukai pengunjung adalah Permainan & Aktivitas Interaktif. Hal ini dibuktikan pada Arena Lomba 17-an, diikuti oleh puluhan ribu peserta Lomba 17-an secara virtual. Tak hanya itu, antusiasme masyarakat juga terlihat dengan banyaknya karya yang dikirimkan. Total ribuan karya yang lolos kurasi, berhasil ditayangkan di Ruang Seni dan Budaya.

rdi
©2021 Merdeka.com

Terakhir, untuk mendukung perkembangan UMKM, Rumah Digital Indonesia juga memberikan ruang bagi para pelaku UMKM untuk bertransaksi jual beli. Pasar Lokal Virtual ini, diikuti oleh 616 UMKM dari 34 provinsi di Indonesia.

Kabar baiknya, melihat antusiasme dan berbagai komentar positif dari masyarakat yang ingin merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI secara virtual. Beragam arena Rumah Digital Indonesia akan tetap bisa diakses melalui www.rumahdigitaindonesia.id dengan beragam konten yang menarik seputar Indonesia.

Adapun spot yang masih bisa diakses adalah Panggung Nasional, Arena Lomba 17-an, Ruang Seni dan Budaya, Ruang Komunitas, Pasar Lokal, Ruang Literasi Digital, serta Petualangan Nusantara dan Wajah Indonesia. Berbagai konten menarik di tiap tempatnya, akan membuat kita semakin bangga dengan keberagaman Indonesia.

Terus kunjungi Rumah Digital Indonesia dan sampai bertemu di keseruan acara perayaan kemerdekaan Indonesia tahun depan. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. HUT RI
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini