Kesederhanaan Tokoh-Tokoh Agama Berpengaruh di Indonesia, Patut Dicontoh

Selasa, 12 Maret 2019 07:00 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Kesederhanaan Tokoh-Tokoh Agama Berpengaruh di Indonesia, Patut Dicontoh Buya Syafii. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Banyak tokoh-tokoh agama dan berpengaruh di Indonesia hidupnya sangat sederhana. Kisah hidupnya perlu dicontoh.

Apalagi kesederhanaan tokoh publik seperti barang langka saat ini. Mau membaur dan apa adanya di tengah masyarakat.

Berikut ini kisah-kisah tokoh-tokoh agama berpengaruh di Indonesia hidupnya dalam kesederhanaan:

1 dari 4 halaman

Haedar Nashir

Haedar Nashir. ©istimewa/umm.ac.id

Kesederhanaan nampak jelas dari Ketua Umum PP Muhamadiyah Haedar Nashir. Salah satunya saat dia memilih naik transportasi umum dibandingkan dengan kendaraan pribadi.

Kala itu, Haedar tertangkap kamera tengah duduk sendirian di stasiun kereta Kediri, Jawa Timur tanpa pengawalan. Dia juga membawa tas dan kantong plastik yang ditaruh di sebelahnya.

"Ketum @HaedarNs saat menunggu kereta menuju Yogyakarta di Stasiun Kediri, selepas menghadiri peresmian gedung SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo dan Gedung Rawat Inap RS Ahmad Dahlan Muhammadiyah Kediri," tulis akun Twitter PP Muhammadiyah.

2 dari 4 halaman

Buya Syafii

Buya Syafii Maarif. ©2018 Merdeka.com/Purnomo Edi

Siapa sangka bila salah satu tokoh agama yang berpengaruh di Indonesia, yakni Buya Syafii Maarif tak malu naik transportasi umum. Seperti beberapa waktu lalu, Buya Syafii berbaur dengan warga biasa menunggu KRL di Stasiun Tebet.

Saat itu, Buya Syafii akan menghadiri peluncuran Program Penguatan Pendidikan Pancasila yang diresmikan Presiden Jokowi di Bogor. Padahal dari Maarif Institute, selalu disiapkan kendaraan untuk berpergian Buya Syafii. Namun kala itu dia menolak lantaran ingin naik KRL.

"Kami sudah tawarkan dengan sedikit paksaan agar Buya mau diantar oleh sopir MI. Namun beliau menolak, dan lebih memilih untuk tetap menggunakan KRL di pagi buta menuju Bogor," kata Direktur Eksekutif Maarif Institute Muhammad Abdullah Darraz.

3 dari 4 halaman

Gus Mus

Gus Mus. ©2018 Merdeka.com/Darmadi Sasongko

Tak cuma Haedar Nasir dan Buya Syafii, tokoh agama Mustofa Bisri atau Gus Mus juga sosok sederhana. Hidupnya jauh dari kemewahan.

Hal ini terungkap dari menantu Gus Mus Ulil Abshar Abdalla, jika Gus Mus orang yang sangat sederhana. Menurut Ulil ketika di rumah, Gus Mus tidak menampakan diri sebagai ulama besar. Dia tetap sederahana seperti orang biasa.

"Ketika di rumah saya merasa Gus Mus bukan orang spesial, tapi ketika di luar rumah seperti ini saya merasa Gus Mus orang yang luar biasa," ujar Ulil.

4 dari 4 halaman

Gus Dur

Gus Dur. ©2016 Merdeka.com

Sosok Abdurahman Wahid memang dikenal sangat sederhana. Semasa hidup presiden RI keempat ini sempat mengontrak. Meski hidup dalam kesederhanaan tapi Gus Dur masih tetap mementingkan orang lain.

"Lebih baik bantu orang lain dari pada mementingkan diri sendiri," ujar Gus Ipul mengulang perkataan Gus Dur, dalam acara peringatan delapan tahun wafat Gus Dur beberapa waktu lalu.

[has]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini