Kesederhanaan Jokowi Terpotret dalam Momen Ini Meski Jadi Presiden

Jumat, 18 Januari 2019 06:10 Reporter : Syifa Hanifah
Kesederhanaan Jokowi Terpotret dalam Momen Ini Meski Jadi Presiden Instagram Jokowi. ©Instagram/Jokowi

Merdeka.com - Sebagai orang nomor satu di Indonesia, Presiden Jokowi tentu akan mendapat pelayanan serba VVIP. Termasuk dalam hal protokoler. Tentu saja sangat ketat karena menyangkut juga soal pengamanan yang dilakukan oleh Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres.

Namun dalam beberapa momen, ada hal menarik tentang Jokowi sebagai seorang presiden. Jokowi seperti pejabat biasa dan tak berjarak dengan rakyatnya. Berikut momen-momen itu:

1 dari 3 halaman

Jokowi Minta Kursi Biasa

Rapimnas Golkar. ©2016 dok. Biro Pers Setpres

Sebagai tamu kehormatan, Presiden Jokowi selalu mendapatkan fasilitas terbaik. Termasuk duduk di kursi VVIP yang telah disediakan.

Namun dalam beberapa momen, Presiden Jokowi duduk di kursi sama seperti peserta lain. Tak ada kursi VVIP, kursi presiden dengan kursi peserta acara sama.

Seperti saat menghadiri Munaslub Partai Golkar pada Desember 2017 silam. Tidak ada kursi VVIP untuk Presiden Jokowi, yang ada hanya kursi plastik diberi sarung warna putih, sama seperti kursi untuk peserta munaslub.

Mengganti kursi VVIP dengan kursi biasa adalah perintah langsung dari Presiden Jokowi. "Kursi itu diganti atas permintaan Presiden Jokowi, kata dia ingin setara dengan semua peserta," kata Ketua Organizing Committee Munaslub Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita, waktu itu.

2 dari 3 halaman

Duduk Tanpa Didampingi Pejabat

kesederhanaan jokowi. ©2019 Merdeka.com

Presiden Jokowi menghadiri Peluncuran Tahap Pertama Penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2019, di Gelanggang Olah Raga Ciracas. Ada hal menarik di sana, tak banyak pejabat negara yang duduk mendampingi Presiden Jokowi, yang ada hanya Menteri Sosial Agus Gumiwang seorang. Sisanya, masyarakat biasa penerima PKH yang duduk disisi kiri dan kanan Jokowi.

Presiden yang menggunakan kemeja putih nampak berbincang dengan warga penerima PHK tersebut. Usai acaranya presiden tak lupa melakukan selfie bersama warga.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan jika itu semua adalah keinginan langsung dari Presiden Jokowi. Karena Presiden ingin mendengarkan aspirasi langsung dari masyarakat. Acara duduk bersama warga juga sudah sering dilakukan presiden saat kunjungan kerja ke daerah-daerah.

3 dari 3 halaman

Duduk Lesehan

Jokowi dan Iriana Jokowi. Instagram/@Jokowi

Presiden Jokowi juga pernah duduk santai lesehan bersama Ibu Negara Iriana. Saat itu tengah digelar nonton bareng film "Kulari Ke Pantai" bersama anak-anak di Istana Negara.

Tak ada jarak antara Presiden dan anak-anak, semuanya sama duduk secara lesehan. Presiden Jokowi dan Ibu Iriana serta anak-anak yang hadir terlihat menikmati film yang sedang diputar. [has]

Baca juga:
Jelang Debat Capres, Jokowi - Ma'ruf 'Mantul' dan Prabowo - Sandi Kumpul di Hambalang
Jelang Debat Capres, Jokowi Kirim Pesan 'Sifat Keras Hati Kalah dengan Bijak & Sabar'
Pendukung Jokowi dan Prabowo Duduk Bareng Gelar Nobar Debat Capres
Jelang Debat Capres, Jokowi Unggah Foto Berbaju Adat Dengan Caption Bijak
Tak Hadir di Bidakara, Sekjen Parpol Pendukung Jokowi-Ma'ruf Gelar Nobar Debat

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini