Kesaksian Warga Gianyar Saat Ribuan Burung Pipit Jatuh di Tanah: Biasanya Tak Pernah

Jumat, 10 September 2021 10:21 Reporter : Moh. Kadafi
Kesaksian Warga Gianyar Saat Ribuan Burung Pipit Jatuh di Tanah: Biasanya Tak Pernah Viral Burung Pipit Berjatuhan di Gianyar, Warga Kubur Ratusan Bangkai. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Kadek Sutika merekam saat burung pipit berjatuhan di area kuburan atau setra Banjar Sema, Desa Pering, Kabupaten Gianyar, Bali. Menurutnya, kejadian itu baru pertama kali dilihat.

Dia menceritakan. Pada Kamis (9/9) pagi, dia hendak berangkat kerja. Seharusnya dia menjemput rekan. Tetapi urung karena hujan turun.

Sutika memutuskan kembali ke rumah. Di perjalanan menuju rumah, dia melintasi kuburan dan melihat anak-anak mengambil kumpulan burung pipit yang berjatuhan.

"Saya lihat anak-anak yang mengambil-ambil burung itu. Saya lihat ada banyak burung di bawah pohon, ada yang mati, ada yang masih hidup," kata Sutika, saat dihubungi Jumat (9/9).

Sebelum kejadian itu, dia memang melihat kerumunan burung pipit berkumpul di dekat pohon asem di area pemakaman. Padahal sebelumnya, tidak pernah ada kerumunan burung pipit.

"Awalnya sering tidur burung di pohon asem itu. Banyak ada burung di sana, tapi baru lima hari burung di sana, dulu tidak ada," imbuhnya.

Dia kemudian merekam peristiwa tak biasa itu dan mengunggah ke akun media sosial.

Sore harinya, warga terlihat memungut bangkai burung-burung itu untuk dikubur.

"Banyak sekali burung di sana, ribuan. Iya ribuan lebih. Saya pertama kali menjumpai hal seperti ini," ujarnya.

Sampai hari ini, katanya, masih banyak burung-burung bertengger di atas pohon asem tersebut. Padahal sudah banyak yang mati.

"Sekarang banyak lagi burung di sana padahal sudah banyak mati. Tadi lagi banyak di atas, banyak berdatangan, tidak tahu dari mana datangnya," ujar Sutika.

Seperti yang diberitakan, sebuah video burung Pipit jatuh berhamburan ke tanah menjadi viral dan heboh di media sosial, pada Kamis (9/9).

Video tersebut, diketahui dishare oleh akun bernama Dek Eko via@balibrodcast. Dalam video tersebut, terlihat banyak burung berjatuhan, yang terjadi di wilayah Sentra, Banjar Sema Pring, Kabupaten Gianyar, Bali, Kamis (9/9).

Dalam captionnya disebutkan,"Banyak Burung Pipit jatuh saat hujan dan angin kencang yang terjadi di wilayah tersebut. Sehingga membuat sayap mereka basah," tulisnya. [lia]

Baca juga:
Viral Burung Pipit Berjatuhan di Gianyar, Warga Kubur Ratusan Bangkai
Viral Video Fenomena Banyak Burung Pipit Jatuh Berhamburan di Bali
Penyebab Angin Topan dan Proses Terjadinya Lengkap dengan Dampak Baik-Buruknya
Lapan: Hari Tanpa Bayangan Matahari Terjadi pada 6 September-21 Oktober 2021

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini