Kerugian ekonomi akibat asap 2,5 kali lipat APBD Riau

Kamis, 17 September 2015 15:55 Reporter : Al Amin
Kerugian ekonomi akibat asap 2,5 kali lipat APBD Riau Kabut asap. ©Reuters/Beawiharta

Merdeka.com - Anggota DPD asal Riau Intsiawati Ayus mengatakan, kerugian ekonomi per tahun akibat kabut asap yang dipicu pembakaran lahan dan hutan mencapai Rp 20 triliun per tahun. Di Riau sendiri, kata dia, kerugian mencapai dua setengah kali lipat dari APBD Riau yang mencapai Rp 8 triliun per tahun.

Intsiawati mengatakan, bencana kabut asap di Riau sendiri telah berlangsung selama 17 tahun terakhir. Maka berdasarkan kalkulasinya, kebakaran hutan dan lahan telah merugikan perekonomian hingga Rp 340 triliun.

"Sekarang sandingkan itu dengan pernyataan yang menyatakan investor membeli dengan nilai lebih untuk ekonomi itu di mana?" ujar Intsiawati dalam talkshow Senator Kita di Kantor Dewan Pers, Jakarta, Kamis (17/9).

Menurutnya, pemimpin daerah, mulai dari gubernur, bupati dan walikota tidak menganggap kebakaran yang sudah berlangsung 17 tahun terakhir ini sebagai bencana.

"Kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di Riau ini sudah terpelihara selama 17 tahun. Sepi penegakan hukum dan sepi penanggulangan," kata Intsiawati. [ren]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini