Kereta Anjlok di Malangbong, 77 Penumpang Dievakuasi

Kamis, 15 Agustus 2019 11:52 Reporter : Mochammad Iqbal
Kereta Anjlok di Malangbong, 77 Penumpang Dievakuasi Ilustrasi garis polisi. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebuah Gerbong kereta api Galunggung jurusan Bandung-Tasik, Kamis (15/8) anjlok di Stasiun Bumiwaluya, Desa Citeras, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Di dalam gerbong kereta diketahui terdapat 77 orang penumpang yang bertujuan ke Stasiun Tasikmalaya.

Komandan Koramil Malangbong, Kapten Inf Ade Armi menyebut bahwa kereta yang anjlok adalah kereta api Galunggung dengan nomor lokomotif CC20192.10. Kereta dengan masinis Fauzi tersebut anjlok di kilometer 22 sekitar pukul 08.14.

"Anjloknya kereta ini disebabkan akibat fungsi rem roda depan gerbobg 4 gagal rem atau rem jebol. Jadi yang anjlok ini terjadi pada rangkaian gerbong empat dengan nomor rangkaian K300929," ujarnya, Kamis (15/8).

Ia memastikan tidak ada korban jiwa maupun luka akibat kejadian tersebut, namun keberangkatan 77 orang penumpang mengalami keterlambatan. "Fungsi jalan kereta apu sementara memang belum bisa dilewati. Tapi dari pihak PT KAI juga sudah langsung melakukan langkah, khususnya berkaitan dengan penumpang," katanya.

Sementara itu Manager Humas PT KAI, Noxy Citrea membenarkan adanya kereta api yang anjlok di Stasiun Bumiwaluya.

Ia menyebut bahwa saat ini pihak Daop 2 sedang melakukan prises evakuasi. Sedangkan, akibat dari kejadian anjloknya kereta api tersebut, KA Lodaya relasi Bandung-Yogyakarta-Solo tertahan di stasiun Warungbandrek.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyaman yang terjadi. Saat ini petugas sedang melakukan evakuasi dan diharapkan akan segera selesai untuk mengembalikan kereta ke jalurnya. Ada 2 as yang keluar rel pada kereta nomor tiga dari belakang, " jelasnya.

Menurut Noxy, di KA Galunggung sendiri memang ada 77 orang penumpang yang akan melanjutkan perjalanan ke Stasiun Tasikmalaya. "Sekali lagi kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, kami terus berupaya antar unit semaksimal mungkin agar segera teratasi dan perjalanan normal kembali" katanya. [rhm]

Topik berita Terkait:
  1. Kereta Anjlok
  2. Garut
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini