Keren, Ada Dispenser Masker dengan Teknologi Tanpa Sentuhan Buat Warga Malang

Kamis, 14 Oktober 2021 22:04 Reporter : Darmadi Sasongko
Keren, Ada Dispenser Masker dengan Teknologi Tanpa Sentuhan Buat Warga Malang Kapolresta Malang Kota Menyediakan Dispenser Masker. ©2021 Merdeka.com/Darmadi Sasongko

Merdeka.com - Selama ini orang mengetahui dispenser sebagai wadah penyimpanan galon air minum. Dua tombolnya ketika ditekan akan mengeluarkan air untuk dikonsumsi.

Tetapi kini, ada juga dispenser masker. Sebuah benda berbentuk kotak di dalamnya terdapat masker dan bisa digunakan mereka yang butuh. Tidak hanya masker, kotak itu juga menyediakan hand sanitizer otomatis.

Dispenser masker ini baru ada tiga unit. Bisa ditemukan di tiga titik di Kota Malang. Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto, mengungkapkan inovasi dispenser masker dan hand sanitizer dalam rangka kepedulian Polresta Malang Kota dalam menegakkan prokes sekaligus memerangi virus Covid-19.

"Ada tiga unit yang ditempatkan di 3 titik Kota Malang yakni depan Taman Krida Budaya Jalan Soekarno-Hatta, Pos Polisi Samapta di Alun-Alun, dan di pelayanan publik Markas Komando Polresta Malang Kota," kata Budi Hermanto di Mapolresta, Kamis (14/10).

Polresta Malang Kota bekerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT UB) memperkenalkan inovasi tersebut ke masyarakat.

kapolresta malang kota menyediakan dispenser masker

Alat tersebut mengusung teknologi no touch. Sehingga cukup mendekatkan telapak tangan ke sensor yang terpasang di dispenser. Kemudian akan keluar masker dengan sendirinya. Begitu juga hand sanitizer.

"Ini memiliki nilai ganda bermanfaat bagi masyarakat Kota Malang dan juga memiliki nilai tambah bagi mahasiswa untuk berkreasi, mengeluarkan ide-ide hasil kreasinya di musim pandemi ini," urainya.

Dispenser Masker diaplikasikan oleh Kapolresta Malang Kota setelah melihat temuan vending machine yang dikembangkan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Alfian Fitrayansyah bersama tim.

"Kami sangat welcome sekali dengan inovasi berbasis teknologi kompetensi yang berkaitan dengan engineering. Apalagi ide ini matching antara keperluan masyarakat dengan ilmu teknologi di perguruan tinggi," kata Dekan FT UB, Hadi Suyono.

Cara kerja dispenser masker tersebut menggunakan sensor yakni akan mengeluarkan masker dan cairan hand sanitizer. Sensor memiliki kepekaan dengan jarak 5 Cm.

Dispenser masker juga menampilkan status stok masker dan hand sanitizer dalam bentuk layar counter. Setiap dispenser berkapasitas 70 masker serta 50 ml hand sanitizer, dan dapat diisi ulang.

kapolresta malang kota menyediakan dispenser masker [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini