Keraton Ngayogyakarta gelar ritual Mubeng Beteng di malam Jumat kliwon

Rabu, 20 September 2017 11:01 Reporter : Purnomo Edi
Keraton Ngayogyakarta gelar ritual Mubeng Beteng di malam Jumat kliwon Digugat Rp 1 miliar 5 PKL jalani Topo Pepe di depan Keraton Yogyakarta. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Menyambut Tahun Baru Jawa atau malam 1 Sura, Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat akan menggelar acara tahunan yaitu Lampah Budaya Mubeng Beteng. Acara Mubeng Beteng sembari tapa bisu ini akan digelar hari Kamis Wage malam Jumat Kliwon (21/9).

"Mubeng Beteng akan digelar pada 21 September atau Kamis Wage malam Jumat Kliwon. Satu Sura tahun ini berdasarkan kalender Jawa masuk ke tahun Dal. Tahun Dal ini terjadi setiap 8 tahun sekali," ungkap Ketua Panitia Lampah Budaya Mubeng Beteng KRT Gondohadiningrat, Rabu (20/9).

KRT Gondohadiningrat mengatakan Lampah Budaya Mubeng Beteng akan dimulai pada pukul 20.00 WIB. Acara akan dimulai dari Pelataran Keben Kraton Yogyakarta.

"Sebelum prosesi (Lampah Budaya Mubenh Beteng) akan ada doa bersama di halaman Bangsal Ponconiti. Setelahnya baru acara akan kita mulai," ungkap KRT Gondohadiningrat.

KRT Gondohadiningrat menambahkan para peserta acara Lampah Budaya Mubeng Beteng akan menempuh jarak kurang lebih 3 kilometer.

KRT Gondohadiningrat menguraikan jika warga dan abdi dalem yang memperingati malam 1 Sura dengan Mubeng Beteng juga mengikuti tapa bisu. Peserta tidak diperkenankan untuk bicara selama dalam perjalanan hal ini untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bagi abdi dalem harus mengenakan pakaian peranakan tanpa menggunakan alas kaki dan tidak dibolehkan mengenakan keris.

"Rutenya dari Bangsal Ponconiti itu di Pelataran Keben keluar ke barat Kecamatan Kraton itu sampai Alun-alun utara belok kiri sampai Pojok Beteng belok ke barat, itu ke Jalan Pugeran lewat Plengkung Gading ke timur sampai Pojok Beteng yang timur ke kiri Jalan Brigjen Katamso sampai Jalan Ibu Ruswo kita ke barat masuk Alun-alun Utara dari arah timur dan kembali ke Kraton," tutup KRT Gondohadiningrat. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini