Kerajinan Daur Ulang Sampah dari Palembang Tembus Pasar Belanda

Rabu, 8 Juli 2020 06:03 Reporter : Irwanto
Kerajinan Daur Ulang Sampah dari Palembang Tembus Pasar Belanda kerajinan daur ulang sampah di Palembang. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Rumah di pojokan Jalan Sersan Zaini, Kelurahan 2 Ilir, Kecamatan Ilir Timur II, Palembang, terlihat nampak sederhana. Terali berwarna pelangi, merah, kuning, dan hijau menjadi ciri khas rumah itu sebagai ciri khas untuk mudah diingat.

Deretan tiga kotak sampah di samping pintu masuk berdiri di bawah rimbunan pohon. Ya, rumah itu sangat sederhana dan asri, layaknya rumah tempat tinggal masyarakat pada umumnya.

Ketika masuk di ruang tamu, berjejer ratusan produk kerajinan tangan di atas barisan rak yang memanjakan mata. Sekilas produk itu berbahan keramik dan plastik karena dihiasi warna warni nan cantik.

Sejumlah ibu-ibu di ruang tamu tengah mengolesi cairan antijamur dengan kuas pada wadah permen yang baru selesai dibuat. Beberapa orang lagi mondar-mandir mengambil barang itu untuk dijemur di samping rumah. Mereka sangat ceria, bercanda, ya penyemangat menghilangkan penat.

Ternyata, rumah itu menjadi tempat produksi belasan ibu-ibu rumah tangga mendaur ulang sampah, terutama kertas koran. Tempat itu menjadi basecamp pengrajin dalam naungan Bank Sampah Kebumen Gemilang Sejahtera atau yang lebih dikenal dengan nama Bank Sampah KGS.

Baca Selanjutnya: 5 Tahun Berkreasi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini