Better experience in portrait mode.
Kerajaan Arab Saudi Minta Jemaah Umrah Segera Tinggalkan Mekkah, Ini Alasannya

Arab Saudi Larang Jemaah Umrah di Mekkah

Arab Saudi meminta jemaah umrah segera meninggalkan Mekkah menjelang pelaksanaan ibadah haji tahun 2024.

Mulai tanggal 23 Mei hingga 21 Juni 2024, hanya pemilik visa haji yang boleh masuk dan berada di Kota Mekkah.

Denda sekitar SR10.000 riyal akan dikenakan bagi jemaah atau orang asing yang melanggar aturan tersebut.

Pelanggar juga dilarang masuk kawasan Arafah, Muzdalifah, dan Mina serta sekitar stasiun kereta Haramain di Rusaifah.

Geser👉
Bareskrim Gagalkan Peredaran 157 Kg Sabu Jaringan Internasional

157 Kilogram Sabu-sabu Disita Polri

Direktorat Tindak Pidana Narkoba (Dittipidnarkoba) Bareskrim Polri mengungkap kasus peredaran gelap narkotika di dua wilayah dengan total barang bukti sebanyak 157 kilogram sabu-sabu.

Dalam pengungkapan kasus di Aceh Utara, polisi menangkap satu orang tersangka berinisial AR yang berperan sebagai transporter dan penjaga gudang. Modus operandi yang dilakukan adalah menyelundupkan sabu-sabu dari Malaysia ke Indonesia melalui jalur laut dengan menggunakan perahu.

Sementara itu, dalam pengungkapan kasus di Tangerang, polisi menyita sabu-sabu seberat 107 kilogram dalam kemasan teh China berwarna hijau. Ketiga tersangka dalam kasus ini memiliki peran sebagai kurir dan penjaga gudang. Modus operandi yang dilakukan adalah menyelundupkan narkotika dari Myanmar ke Indonesia melalui jalur laut.

Seluruh tersangka dijerat dengan Pasal 114 Ayat (2) subsider Pasal 112 Ayat (2) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman mati dan denda maksimal Rp10 miliar. Geser Ke Atas untuk menemukan ringkasan menarik lainnya.

Geser👉
Hindari Konsumsi Buah Berlebihan untuk Penderita Diabetes

Hindari Konsumsi Buah Berlebihan untuk Penderita Diabetes

Ahli gizi menganjurkan penderita diabetes tidak berlebihan dalam mengonsumsi buah karena dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Penderita diabetes disarankan memilih buah-buahan yang seratnya larut dalam air seperti jeruk, apel, jambu biji, pir, tin, dan beri-berian.

Pola diet yang seimbang dan mengontrol asupan karbohidrat serta lemak sangat penting bagi penderita diabetes.

Kadar gula darah pasien diabetes saat puasa dan dua jam setelah makan harus dijaga dalam kisaran tertentu. Penderita diabetes tetap boleh mengonsumsi gula, tapi dalam jumlah terbatas.

Geser👉
Terungkap, Ini Identitas Mayat Wanita Dalam Karung di Kebun Jagung Lampung

Ketua Fatayat NU Desak Polisi Tangkap Pelaku Pembunuhan

Ketua Fatayat NU mendesak polisi untuk menangkap pelaku pembunuhan wanita yang ditemukan tewas di Labuhan Ratu, Lampung.

Korban bernama Riyas Nuraini, seorang kader Fatayat NU yang bekerja sebagai pedagang online.

Fatayat NU berharap dukungan masyarakat dalam mengungkap kasus ini dan memberikan hukuman setimpal.

Keluarga korban menemukan jasadnya terbungkus karung di tengah kebun jagung setelah korban dikabarkan menghilang.

Geser👉
Pria di Bekasi Dihabisi Istri dan Putrinya, Pembunuhan Diotaki Pacar Si Anak

Ibu Rumah Tangga Sadis Bunuh Suami

Seorang ibu rumah tangga tega menghabisi nyawa suaminya secara sadis di rumah mereka.

Keluarga curiga dengan luka-luka pada jasad korban dan pencairan pinjaman online atas nama korban.

Makam korban dibongkar untuk dilakukan penyelidikan dan tiga pelaku pembunuhan ditangkap.

Pelaku pembunuhan dikenakan Pasal 44 ayat 3 juncto Pasal 5 tentang KDRT dan Pasal 340 tentang Pembunuhan Berencana.

Geser👉
Kasad Maruli Ogah Lindungi Prajurit TNI Bakar Rumah Wartawan di Karo: Jahat Begitu, Saya Lindungi Rugi

Kasad TNI: Tidak Akan Melindungi Prajurit Terlibat Pembakaran Rumah Wartawan

Kasad TNI Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menyatakan bahwa TNI tidak akan melindungi prajurit yang terlibat dalam pembakaran rumah wartawan Tribrata TV di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Maruli menganggap perbuatan prajurit TNI tersebut sebagai tindakan jahat dan merasa rugi jika TNI melindungi pelaku kejahatan.

Sebelumnya, keluarga wartawan yang tewas dalam insiden tersebut melaporkan seorang anggota TNI ke Puspomad karena diduga terlibat dalam aktivitas judi di lingkungan TNI.

Peristiwa kebakaran tersebut mengakibatkan empat korban jiwa dan masih menjadi perhatian publik.

Geser👉
Hakim Emosi Dengar Saksi Gazalba Saleh Kembali Cabut BAP: Saudara Anggap Apa Sidang Ini!

Saksi Advokat Mencabut Keterangan, Hakim Geram

Saksi Ahmad Riyadh mencabut keterangan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) saat sidang perkara gratifikasi dan TPPU hakim agung nonaktif, Gazalba Saleh.

Dalam BAP pertama, Riyadh mengirimkan uang Rp500 juta ke Gazalba untuk pengkondisian perkara. Namun, ia mengubah keterangan menjadi hanya memberikan uang senilai 18 Ribu Dollar Singapura.

Pada persidangan, Riyadh membantah pernah memberikan uang ke Gazalba. Hakim geram dan menegur saksi yang dianggap tidak serius dalam proses sidang.

Hakim ketua mengingatkan Riyadh yang nantinya akan menjadi bahan penilaian hakim. Kesimpulan ini mengajak pembaca untuk menemukan ringkasan menarik lainnya dengan topik berbeda.

Geser👉
Peredaran Obat Perangsang Poppers Terbongkar, Ini Fakta-faktanya

Polisi Tangkap Tersangka Peredaran Obat Perangsang

Polisi menangkap tiga tersangka dalam kasus peredaran gelap obat perangsang dengan sebutan 'poppers', yang digunakan untuk berhubungan seksual.

Obat perangsang tersebut digunakan oleh kelompok tertentu untuk berhubungan seksual pria wanita maupun sesama jenis. Pengungkapan ini berhasil menyelamatkan 1.669 jiwa.

Tersangka RCL mengimpor obat perangsang dari China dan menjualnya melalui toko daring serta komunitas tertentu. Tersangka lainnya, P dan MS, menjual obat tersebut melalui media sosial dan aplikasi khusus LGBTQ.

Para tersangka dijerat dengan Pasal 435 UU Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan dengan ancaman penjara maksimal 12 tahun dan denda Rp5 miliar. Geser ke atas untuk membaca ringkasan menarik lainnya.

Geser👉
FOTO: Bareskrim Polri Ungkap Peredaran 157 Kg Narkoba Jaringan Malaysia dan Myanmar

Bareskrim Polri Ungkap Peredaran Narkoba Internasional

Bareskrim Polri mengungkap peredaran narkoba jaringan internasional dengan mengamankan 157 kg sabu.

Keberhasilan ini merupakan hasil dari operasi intensif di Aceh Utara dan Tangerang, Banten.

Empat tersangka yang diduga kuat merupakan bagian dari sindikat narkoba internasional telah ditangkap.

Para tersangka akan dikenai hukuman mati sesuai Undang-Undang Nomor 35 tentang Narkotika. Geser ke atas untuk ringkasan menarik lainnya.

Geser👉
Jaksa Minta Penetapan Tindak Lanjut Kasus Gazalba Saleh

Jaksa Minta Penetapan Tindak Lanjut Kasus Gazalba Saleh

Jaksa Penuntut Umum (JPU) meminta kepada Majelis Hakim menangani perkara gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Hakim Agung nonaktif Gazalba Saleh, memeriksa saksi Ahmad Riyadh.

Jaksa beranggapan Ahmad Riyadh memberikan keterangan bohong dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang diberikan kepada penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Riyadh secara mendadak mencabut seluruh keterangannya di hadapan Majelis Hakim.

Ketua Hakim, Fahzal Hendrik tidak bisa memberikan penetapan tersebut, namun mempersilakan penyidik untuk mengusut keterangan bohong dari saksi.

Mantan Hakim Agung Gazalba Saleh didakwa menerima gratifikasi dan melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan total senilai Rp25,9 miliar terkait penanganan perkara di Mahkamah Agung (MA).

Geser👉
Ini Tujuan AHY Tiba-Tiba Sambangi Mahkamah Agung

Menteri ATR/BPN AHY Sambangi Mahkamah Agung

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY melakukan kunjungan ke Kantor Mahkamah Agung Republik Indonesia untuk berkolaborasi dalam menangani sengketa pertanahan di Indonesia.

AHY menekankan pentingnya keadilan dan kepastian hukum hak atas tanah sebagai fokus utama kementeriannya. Ia juga mengungkapkan bahwa penyelesaian sengketa pertanahan tidak mudah karena melibatkan banyak pihak dan masalah yang berjalan belasan tahun.

AHY meminta agar tidak ada oknum peradilan yang 'bermain' dalam penyelesaian sengketa tanah. Ia mendorong adanya kesamaan frekuensi dan persepsi antar pihak bersengketa serta sertifikasi hakim yang khusus dipersiapkan untuk menangani kasus pertanahan.

Dalam pertemuan tersebut, AHY didampingi oleh Dirjen Penanganan Sengketa Konflik Pertanahan dan Dirjen Pengadaan Tanah, sedangkan pihak Mahkamah Agung diwakili oleh Sekretaris MA dan jajaran panitera. Kesimpulannya, AHY berharap kerjasama dengan Mahkamah Agung dapat terlaksana dalam waktu dekat untuk menyelesaikan sengketa pertanahan dengan bijaksana.

Geser👉
Polri Diminta Ekshumasi dan Autopsi Ulang Jenazah Afif Maulana

LBHAP PP Muhammadiyah Minta Ekshumasi Jenazah Afif Maulana

Ketua Riset dan Advokasi publik LBHAP PP Muhammadiyah Gufroni menyambangi Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (22/7). Dia menyerahkan surat kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait permintaan ekshumasi terhadap jenazah Afif Maulana.

Permintaan ekshumasi itu juga karena dirinya telah mendapatkan kuasa dari orang tua Afif Maulana, agar bisa memberikan pendampingan atau bantuan hukum. Gufroni menyampaikan apresiasi atas langkah-langkah pengusutan yang dilakukan oleh Mabes Polri dan niatan untuk melakukan ekshumasi dan autopsi ulang terhadap Afif Maulana.

LBHAP Muhammadiyah siap menghadirkan ahli dari Muhammadiyah, dokter forensik, untuk melakukan ekshumasi dan autopsi ulang. Mereka berharap agar proses ekshumasi melibatkan pihak luar sebagai wujud transparansi Polri.

LBH Muhammadiyah berkoordinasi dengan LBH Padang dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia untuk mengungkap penyebab kematian Afif Maulana. Mereka berharap hasil ekshumasi dapat mengungkap kebenaran dan menghindari dugaan-dugaan yang meragukan prosesnya.

Geser👉
Kasad Jenderal Maruli Buka Suara soal Aturan TNI Boleh Berbisnis: Perlu Dipertegas & Dibuat Batasan

Kasad TNI Buka Suara Soal Larangan Berbisnis

Kasad TNI Jenderal TNI Maruli Simanjuntak membuka suara mengenai wacana aturan larangan TNI berbisnis.

Maruli meminta adanya klasifikasi batasan TNI dilarang berbisnis dan menyatakan bahwa tidak masalah jika anggota TNI mencari uang sampingan seperti mengojek.

Namun, Maruli menegaskan bahwa jika ada anggota TNI terlibat bisnis ilegal, ia akan menindaknya dan meminta publik melaporkan jika menemukan anggota TNI berbisnis ilegal.

Maruli juga menyarankan agar ada aturan yang dipertegas mengenai TNI berbisnis dan ia siap menjalankan perintah undang-undang tersebut.

Geser👉