Keracunan warga Cilebut diduga berasal dari kuman

Senin, 9 April 2012 11:35 Reporter : Didi Syafirdi
Keracunan warga Cilebut diduga berasal dari kuman ilustrasi. merdeka.com/dok

Merdeka.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor masih meneliti makanan yang membuat warga Kampung Bojong Sempu, Cilebut Barat, Sukaraja keracunan. Dugaan sementara keracunan disebabkan oleh kuman dalam makanan.

"Dugaan sementara keracunan ini berasal dari kuman yang ada di makanan yang dikonsumsi oleh warga. Tapi kita masih melakukan pemeriksaan sampel untuk memastikan asalnya," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Try Wahyu Harini, Senin (9/4).

Menurut Try, sampel makanan akan diperiksa di laboratorium untuk mengetahui kandungan zat dalam makanan tersebut. Hal itu dilakukan untuk memastikan sumber keracunan makanan yang disantap oleh warga saat hajatan berlangsung.

"Kita saat ini telah mengumpulkan sampel makanan tersebut untuk diuji di laboratorium," katanya.

Try mengatakan, hidangan yang dikonsumsi warga disajikan oleh pemilik rumah yang dimasak sendiri oleh pemilik hajatan. "Masakan disajikan sendiri oleh pemilik rumah tidak menggunakan jasa katering. Kemungkinan proses pengolahan kurang bersih menyebabkan kuman," katanya.

Sebanyak 170 warga keracunan makanan setelah menghadiri hajatan pernikahan dan Maulid Nabi di rumah ibu Murtamah pada Sabtu (7/4). Satu persatu warga berjatuhan mengeluhkan mual, muntah, perut perih, demam dan diare. [did]

Topik berita Terkait:
  1. Keracunan
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini