Kepung KPK, Koalisi Masyarakat Minta Jokowi Coret Capim Bermasalah

Jumat, 30 Agustus 2019 14:58 Reporter : Merdeka
Kepung KPK, Koalisi Masyarakat Minta Jokowi Coret Capim Bermasalah Koalisi Masyarakat Minta Jokowi Coret Capim Bermasalah. ©Liputan6.com/Delvira Hutabarat

Merdeka.com - Koalisi Masyarakat Sipil KPK #CucakVSBuaya 4.0 mendatangi Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan. Mereka memberikan dukungan kepada lembaga antirasuah terbebas dari calon pemimpin bermasalah.

Massa kompak mengenakan kain hitam yang diikatkan ke kening. Kain hitam itu menjadi simbol perlawanan dan protes terhadap capim KPK yang dinilai bermasalah.

"Koruptor? Hajar," teriak para penggeruduk KPK.

Panggung kecil di lobi gedung KPK, nampak meriah dengan berbagai orasi dan nanyain lagu bertema perlawanan.

"Save KPK, Cicak VS Buaya? Tidak takut!" teriak Ketua WP KPK Yudi Purnomo Harahap di Lobi KPK, Jumat (30/8).

Koalisi masyarakat sipil Darurat KPK menyampaikan dua tuntutan kepada Presiden Jokowi. Pertama tidak meloloskan capim KPK yang tidak berkualitas maupun berintegritas, coret capim yang tidak melaporkan harta kekayaan, punya konflik kepentingan, diduga terlibat pelanggaran etik, mengancam pemberantasan korupsi dan punya rekam jejak buruk masa lalu.

"Kedua kami meminta presiden betul-betul memilih calon pemimpin yang berintegritas untuk diajukan ke DPR RI," tambah Yudi.

"Jika ini tidak dilakukan, apakah bapak presiden akan dikenang sebagai presiden yang melumpuhkan KPK?" tandasnya.

Adapun Koalisi Masyarakat Sipil Darurat KPK terdiri dari berbagai elemen masyarakat diantaranya AJI Indonesia, GKA, HWDI, KPBI, SGBN, KSN, PPI, LBH, ICW dan Gusdurian.

Reporter: Delvira Hutabarat
Sumber: Liputan6.com

Jangan Lewatkan:

Ikuti Polling Siapa Layak Pimpin KPK? Klik disini [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini