Kepolisian buru aktor dan donatur pelaku bom panci di Bandung

Rabu, 19 Juli 2017 13:47 Reporter : Andrian Salam Wiyono
Kepolisian buru aktor dan donatur pelaku bom panci di Bandung Barang bukti aksi teror bom panci di Bandung. ©2017 merdek.com/imam buhori

Merdeka.com - Kepolisian tidak berhenti melakukan penyelidikan terhadap jaringan teroris bom panci di Kota Bandung. Sejauh ini sudah enam terduga teroris ‎diamankan, yang masuk dalam sel kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

"Setelah YC ini (Yuki Chandara alias Yongki) dari enam yang kita amankan, kita masih mengejar pelaku lainnya yang merupakan aktor dan juga donatur terduga teroris di Buah Batu tersebut," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Rabu (19/7).

Enam terduga pelaku itu yakni Agus Wiguna, Kodar, Ade Arif, Andri Rosadi, Ramlan Suryadi dan terakhir Yuki Chandra. Jaringan inilah yang sudah merencanakan aksi teror dengan menyasar cafe di Jalan Braga, Rumah Makan Celengen, Gereja di Buah Batu, Bandung, dan yang baru terungkap akan meledakan bom di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Jaringan mereka ini juga bahkan pernah melakukan ujicoba meledakan bom di rumah makan Celengan Astana Anyar, Bandung. Namun upaya itu gagal karena bahan baku bom belum sempurna.

"Uji coba juga pernah dilakukan tapi bahan peledak saat ini masih basah sehingga gagal," sebutnya.

Menurutnya, barang bukti yang ditemukan dalam beberapa kali penggeledahan di kediaman para terduga pelaku merupakan bom berdaya ledak rendah dan tinggi. Yusri menyebut, ditemukan juga bahan peledak seberat tiga sampai lima kilogram yang sempat disimpan di rumah kontrakan Agus di Kampung Kubangbeureum, Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung.

"Karena Agus ini perakit bomnya. Kalau yang lain memang turut membantu dan mengetahui," imbuhnya. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini