Kepala Suku Papua Desak Pemerintah Bentuk Menteri Adat

Senin, 19 Agustus 2019 16:04 Reporter : Merdeka
Kepala Suku Papua Desak Pemerintah Bentuk Menteri Adat kerusuhan di papua. ©2019 AFP Photo/STR

Merdeka.com - Kepala Suku Provinsi Papua Lenis Kagoya yang juga Staf Khusus Presiden Joko Widodo meminta pemerintah Indonesia membentuk Menteri Adat. Hal ini menyusul terjadinya kerusuhan di Manokwari, Papua.

"Ke depan nanti kita dorong pemerintah, mudah-mudahan ada Menteri Adat. Itu bagus karena selama ini Menteri Adat tidak pernah ada. Menteri Agama kan sudah ada," katanya di Kawasan Slipi, Jakarta Barat, Senin (19/8).

Dia mengungkapkan, banyak permasalahan di Tanah Air yang memerlukan penyelesaian secara adat. Setidaknya, dengan adanya Menteri Adat, masyarakat Papua merasa lebih dihargai.

"‎Pemerintah kalau memang bisa mendorong adat dihargai. Seperti yang sudah saya sampaikan, Papua butuh dihargai," jelasnya.

Lenis menambahkan, hukum adat sangat dihargai oleh masyarakat Papua. Setiap ada kerusuhan di Papua, hanya kepala suku yang bisa meredam.

"Jadi kalau di sana, kalau perang suku pun harus ada kepala suku. Tidak bisa aparat, mungkin pelan-pelan," ujarnya.

Menurutnya, berdasarkan kebiasaan, sejatinya masyarakat Papua akan mengikuti arahan dari para kepala suku.

"Biasanya apa yang saya katakan mereka menurut. Kalau saya bilang A mereka akan ikut A. Kepala suku tidak pernah ajak masyarakat perang, tetapi diajarkan berpikir positif. Di sana sebelum (Indonesia) merdeka sudah ada adat, adat lebih dulu, baru agama, baru pemerintah," tutupnya.

Reporter: Fachrur Rozie
Sumber: Liputan6.com [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini