Kepala Dinas LH Positif Covid-19, Pejabat Pemkab Barito Utara Jalani Tes Swab

Selasa, 30 Juni 2020 09:36 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Kepala Dinas LH Positif Covid-19, Pejabat Pemkab Barito Utara Jalani Tes Swab Rumah sakit karantina pasein corona di Aceh. ©2020 AFP PHOTO/CHAIDEER MAHYUDDIN

Merdeka.com - Pemeriksaan virus corona atau Covid-19 akan dilakukan kepada sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah. Tes dilakukan setelah seorang asisten sekretaris daerah dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup terpapar virus corona.

"Kita sudah rapat dengan Pak Wakil Bupati Sugianto Panala Putra terkait hal itu, kita nantinya akan melakukan test swab langsung. Jadi mungkin satu dua hari ke depan, kita melakukan swab, khususnya yang pernah kontak dengan almarhum dan asisten yang juga istrinya," kata Bupati Barito Utara Nadalsyah di Muara Teweh dilansir Antara, Selasa (30/6).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Barito Utara berinisial SP yang meninggal dunia pada Sabtu (27/6) di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya. Hasil pemeriksaan laboratorium yang keluar Minggu (28/6) positif Covid-19.

Istrinya yang bekerja sebagai asisten di Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Barito Utara dan seorang anak lelakinya kemudian juga dikonfirmasi terserang Covid-19.

"Jadi terkait kontak erat dengan almarhum dan istrinya yang merupakan klaster Surabaya maka petinggi-petinggi di kantor Setda akan dilakukan (pemeriksaan) swab," kata Nadalsyah.

Dia menjelaskan bahwa pemeriksaan menggunakan alat tes diagnostik cepat untuk mendeteksi penularan Covid-19 sebelumnya sudah beberapa kali dilakukan di kalangan pejabat pemerintah kabupaten, termasuk Wakil Bupati Sugianto Panala Putra serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan istrinya.

Hasil pemeriksaan tersebut menunjukkan tidak ada yang terindikasi tertular virus corona. Namun berdasarkan hasil pemeriksaan lanjutan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan isterinya positif tertular virus corona.

"Melihat kondisi ini berarti almarhum tadi adalah non-reaktif palsu jadi setelah di-swab yang bersangkutan menjadi positif," ujar Nadalsyah

"Nah inilah kami berkesimpulan, seluruh petinggi-petinggi di sekretariat khususnya di kantor pemkab, (pemeriksaan) swab langsung saja nanti, supaya hasilnya lebih akurat," sambung dia.

1 dari 1 halaman

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 sudah melakukan pemeriksaan menggunakan alat tes diagnostik cepat pada 58 pegawai Dinas Lingkungan Hidup Barito Utara yang punya riwayat kontak dengan orang-orang dalam klaster Surabaya. Dua pegawai yang terindikasi terpapar virus corona menurut hasil pemeriksaan itu menjalani perawatan di RSUD Muara Teweh.

Bupati telah meminta kepada Dinas Kesehatan melacak riwayat kontan pegawai pemerintah yang positif tertular Covid-19, termasuk Kepala Dinas Lingkungan Hidup.

"Tolong bagi yang merasa terkontak dengan Beliau agar segera melaporkan kepada Dinas Kesehatan atau tim gugus tugas, agar memeriksakan diri dan kesehatan mereka kita pantau, sehingga tidak menyebarkan virus ini ke masyarakat lainnya," tandas Nadalsyah. [ray]

Baca juga:
Kapasitas Pengetesan PCR di Jabar Sudah Mencapai 2.000 per Hari
Gugus Tugas Sebut Angka Kesembuhan Covid-19 di RI Nyaris Samai Dunia
Pasien Sembuh Covid-19 di Sumsel Naik Siginifikan dengan 66 Orang
Jabar Serap Anggaran Covid-19 Rp 1,4 T, Belum Termasuk Insentif Tenaga Medis

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini