Kepala BNPB Evaluasi Penanganan Covid-19 di 2020: Langkah Positif Pernah Kita Raih

Selasa, 29 Desember 2020 15:45 Reporter : Merdeka
Kepala BNPB Evaluasi Penanganan Covid-19 di 2020: Langkah Positif Pernah Kita Raih Kepala Satgas Nasional Penanganan Covid-19 Letjen Doni Monardo. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Lebih kurang sembilan bulan Indonesia dilanda virus Covid-19 setelah kasus pertama diumumkan Maret 2020 lalu. Meski Covid-19 masih ada, Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, menyebut banyak sekali langkah positif yang dicapai dalam penanganan.

"Kita juga belum tahu kapan covid ini berakhir. Namun di sela dinamika terjadi, kita lihat langkah positif yang pernah kita raih," kata Doni yang juga kepala BNPB ini, dalam konpers daring, Selasa (29/12).

Doni mencontohkan, ketika terjadi lonjakan kasus pada akhir September kemudian yang bisa diturunkan.

"Kita pernah posisi kasus tertinggi akhir September dan kita mampu menekan angka kasus pada 10 November. Kita bisa menurunkan kasus aktif dengan signifikan," tambahnya.

Doni optimis lonjakan kasus yang sedang terjadi saat ini juga bisa ditekan dengan taat protokol kesehatan.

"Satu bulan terakhir ada penurunan angka kepatuhan protokol, sehingga kasus sembuh juga alami penurunan. Oleh karenanya untuk menekan kasus harus betul dilakukan serentak, bersama," ucapnya.

Doni mengingatkan 3M tidak boleh hanya dilakukan hanya diri sendiri melainkan juga harus orang sekitar.

"Tidak cukup hanya diri kita sendiri yang disiplin, tanpa orang sekitar kita. Kita hanya dituntut patuh protokol kesehatan, belum sebanding perjuangan para dokter para tenaga kesehatan," tegasnya.

Reporter: Delvira Hutabarat

Sumber: Liputan6.com [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini