Kenakan Seragam Polri, Pecatan Polisi Tipu Agen Brilink di Rejang Lebong

Kamis, 8 Desember 2022 00:30 Reporter : Irwanto
Kenakan Seragam Polri, Pecatan Polisi Tipu Agen Brilink di Rejang Lebong Ilustrasi borgol. ©2013 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Seorang pecatan Polri, AR (28), ditangkap polisi karena menipu agen Brilink BRI di Rejang Lebong, Bengkulu. Dalam aksinya, pelaku mengenakan seragam polisi agar korban percaya.

Penipuan bermula saat AR mendatangi gerai korban di Padang, Rejang Lebong, Senin (5/12). Dia mengaku ingin menarik uang sebanyak Rp6,5 juta.

AR menyatakan akan membayar dengan kartu ATM BCA miliknya melalui mesin Electronic Data Capture (EDC) yang ada di gerai. Namun, print out EDC tak keluar. Ketika itu pelaku menyebut terjadi kendala teknis tetapi uang sudah terkirim.

Korban pun menyerahkan uang yang ditarik melalui Brilink, karena dia percaya hanya pending. Pelaku pun segera meninggalkan TKP.

2 dari 2 halaman

Terancam 5 Tahun Penjara

Korban baru sadar ditipu setelah mengetahui uang pengganti tak masuk ke rekeningnya. Dia pun melapor ke polisi. Anggota Polsek Padang Rejang Lebong yang berkoordinasi dengan Polres Lubuklinggau berhasil menangkap pelaku.

Kasatreskrim Polres Lubuklinggau AKP Robi Sugara mengungkapkan, tersangka sebelumnya anggota di satuannya. Dia kemudian dimutasi ke Polres Musi Rawas Utara sebelum dipecat pada 2021.

"Ternyata tersangka masih mengenakan seragam polisi untuk berbuat kejahatan. Terbaru dia melakukan penipuan di Bengkulu," ungkap Robi, Rabu (7/12).

Berdasarkan pemeriksaan, tersangka baru menggunakan uang itu sebanyak Rp500 ribu. Sementara sisanya dapat diamankan dan menjadi barang bukti.

Akibat perbuatannya,AR dijerat Pasal 372 dan 378 KUHP tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman lima tahun penjara. Perkara ini diserahkan ke kepolisian Bengkulu sesuai lokasi terjadinya kejahatan. [yan]

Baca juga:
Empat Kali Gagal Tes Masuk Polri, Pria di Jayapura Malah Jadi Polisi Gadungan
Tak Tanggung-Tanggung Jadi Polisi Gadungan, Pria di Palembang Gunakan Pangkat Kombes
Aksi Pemerasan di Sumsel Berakhir Dramatis, 1 Pelaku Tewas dan 3 Rekannya Ditangkap
Polisi Gadungan di Samarinda 25 Kali Rampas Ponsel, Alasan untuk Beli Makanan Kucing
Polisi Gadungan Ngaku Intel Diinterogasi Sambil Beri Hormat, Tampangnya Kicep

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini