Kemensos Pastikan Penuhi Kebutuhan Pemulihan Psikososial Korban Gempa Sulbar

Kamis, 21 Januari 2021 14:59 Reporter : Merdeka
Kemensos Pastikan Penuhi Kebutuhan Pemulihan Psikososial Korban Gempa Sulbar Pengungsi Gempa Mamuju. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Pekerja Sosial Ahli Muda Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia, Dika Yudhistira Rizqy, memastikan kebutuhan para pengungsi atau penyintas gempa bumi di Provinsi Sulawesi Barat dapat terpenuhi. Kemensos menilai salah satu kebutuhan yang diperlukan masyarakat pemulihan psikososial.

"Kemensos memastikan kebutuhan penyintas dapat terpenuhi, terlebih kebutuhan pemulihan psikososial," ujar Dika dalam keterangan resminya, Kamis (21/1/2021).

Dika menjelaskan, Kemensos telah mengerahkan tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP) bagi para penyintas untuk membantu pemulihan trauma yang dirasakan oleh masyarakat terdampak gempabumi.

"Tim LDP Kemensos berasal dari Taruna Siaga Bencana (Tagana), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan SDM Program Keluarga Harapan," jelas dia.

Dika merinci, relawan yang ikut turun diketahui sebanyak 30 orang dan tersebar di Kabupaten Majene dan Mamuju untuk kegiatan pelayanan sosial.

Hingga hari ini, sebanyak 201 Tagana sudah terlibat dari Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah telah bergabung bersama Tim Kemensos.

"Mereka didatangkan untuk mendukung pemenuhan kebutuhan sosial sekaligus pemulihan psikologis bagi para pengungsi," tandas Dika.

Reporter: M Radityo [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini