Kemenkes Ungkap Penyebab Vaksinasi Covid-19 pada Lansia Baru 16 Persen

Kamis, 3 Juni 2021 14:17 Reporter : Supriatin
Kemenkes Ungkap Penyebab Vaksinasi Covid-19 pada Lansia Baru 16 Persen Warga di kawasan padat penduduk disuntik vaksin Covid-19. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono, mengungkap penyebab vaksinasi Covid-19 pada lansia di Indonesia baru mencapai 16 persen. Dari total target 21.553.118 orang, baru 3.429.047 lansia yang sudah divaksinasi Covid-19 dosis pertama.

"Memang ada ketakutan untuk melakukan vaksinasi pada lansia," katanya, Kamis (3/6).

Selain ketakutan, mayoritas lansia memiliki keterbatasan untuk mendatangi lokasi vaksinasi Covid-19 yang jauh.

"Mereka (lansia) tergantung pada keluarganya yang mengantar," ujarnya.

Guna mempercepat vaksinasi Covid-19 pada lansia, kata Dante, Kemenkes akan melakukan berbagai hal. Pertama, melakukan edukasi kepada masyarakat pentingnya vaksinasi terhadap lansia untuk mencegah gejala Covid-19 berat.

Kedua, Kemenkes mengajak kelompok usia produktif untuk mengantarkan lansia ke tempat vaksinasi. Mereka yang berhasil membawa lansia ke tempat vaksinasi akan mendapatkan prioritas vaksin Covid-19.

"Upaya lain adalah jemput bola, seperti datang ke kelompok lansia kemudian vaksinasi. Terus menggunakan fasilitas umum di mana lansia itu berkumpul seperti mendatangi panti jompo," jelasnya.

Sebelumnya, juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito, mengatakan 49,4 persen kasus kematian Covid-19 di Indonesia dikontribusikan oleh lansia di atas 60 tahun. Persentase ini merupakan yang tertinggi di antara kelompok umur lainnya.

Persentase kematian Covid-19 pada kelompok umur 46 hingga 59 tahun hanya 35,5 persen. Sementara kelompok umur 31 hingga 45 tahun 11,2 persen, di bawah 30 tahun tercatat 3,9 persen. [lia]

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini