Kemenkes Jadikan Tiga Rumah Sakit Khusus Tangani Pasien Covid-19 di Jakarta

Kamis, 24 Juni 2021 18:00 Reporter : Supriatin
Kemenkes Jadikan Tiga Rumah Sakit Khusus Tangani Pasien Covid-19 di Jakarta Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Kesehatan menunjuk tiga rumah sakit di wilayah DKI Jakarta khusus menangani pasien Covid-19. Tiga rumah sakit tersebut adalah Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati, Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan dan Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso.

Penunjukan rumah sakit ini disampaikan langsung oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers Penunjukan Rumah Sakit Khusus Covid-19 yang disiarkan melalui YouTube Kementerian Kesehatan RI, Kamis (24/6).

"Diharapkan dengan mengkonversi tiga rumah sakit ini menjadi rumah sakit yang memberikan pelayanan full untuk kasus Covid-19 akan membantu semakin menambah ketersediaan untuk tempat perawatan," katanya.

Nadia menjelaskan, penunjukan tiga rumah sakit ini merespons kondisi bed occupancy rate (BOR) atau keterpakaian tempat tidur rumah sakit rujukan Covid-19 di DKI Jakarta yang berada dalam kategori kritis. Saat ini, BOR di Jakarta sudah menyentuh angka 90 persen.

"Melihat kondisi kapasitas perawatan yang cukup tinggi tersebut, terutama di daerah Jakarta dan sekitarnya maka Kemenkes mengambil kebijakan untuk menunjuk tiga rumah sakit vertikal yang berada langsung di bawah kewenangan Kemenkes untuk dikhususkan sebagai rumah sakit yang melayani Covid-19," menerangkan.

Selain DKI Jakarta, Kementerian Kesehatan mencatat BOR rumah sakit rujukan Covid-19 di empat provinsi Pulau Jawa cukup tinggi. Yakni, DI Yogyakarta dan Jawa Tengah sudah mencapai 85 persen. Kemudian Banten 87 persen dan Jawa Barat 88 persen.

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengumumkan penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 7.505 orang hari ini. Sehingga total kumulatif kasus yang disebabkan virus SARS-CoV-2 itu menembus 494.462 orang.

"Kasus positif justru melonjak drastis, mencapai 7.505 kasus dalam sehari," ucap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan, Dwi Oktavia.

Dari total 494.462 kasus positif Covid-19, 445.450 di antaranya dinyatakan sudah sembuh dan 8.112 orang meninggal dunia. [fik]

Baca juga:
Kemenkes Sebut BOR RS Rujukan Covid di Jakarta, Jateng dan Jatim Sudah Kritis
Wagub DKI: Rumah Sakit Rujukan Covid Jakarta Ditambah Jadi 140 RS
Fasilitas Kesehatan Kritis Hadapi Lonjakan Covid-19
Pasien Dirawat Tunggu Antrean, RS YARSI Akui Kesulitan Dapat Ranjang Perawatan
Covid-19 Melonjak, Keterisian 29 RS di Kabupaten Bogor Capai 88,24%
Melihat Kondisi Rumah Sakit Jakarta yang Penuh Karena Covid-19
Ruang ICU Covid-19 di Depok Penuh, Tempat Tidur Isolasi Tersisa 12 Persen

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini