Kemenkes Temukan 70 Kasus Varian Baru Covid-19, Terbanyak di DKI Jakarta

Jumat, 11 Juni 2021 17:38 Reporter : Supriatin
Kemenkes Temukan 70 Kasus Varian Baru Covid-19, Terbanyak di DKI Jakarta Pasien Corona. ©2020 Merdeka.com/Antara

Merdeka.com - Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan pemerintah menemukan 70 kasus varian baru Covid-19 di Indonesia. Temuan ini berdasarkan hasil pemeriksaan whole genome sequencing di 17 laboratorium.

"Ada 70 (kasus) varian baru," katanya, Jumat (11/6).

70 Kasus ini merupakan varian B117 asal Inggris, varian B1617 dari India dan B1351 asal Afrika Selatan. Nadia menyebut, sebaran terbanyak kasus varian baru Covid-19 ini berada di DKI Jakarta.

"Terbanyak di DKI Jakarta," ujarnya.

Sebagai informasi, lonjakan kasus Covid-19 terjadi secara cepat dan masif di sejumlah daerah. Seperti yang terjadi di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dan Bangkalan, Jawa Timur.

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengemukakan lonjakan kasus Covid-19 secara cepat dan masif ini merupakan tolok ukur kemunculan varian baru virus Corona.

"Model-model penularan yang terjadi secara masif dan cepat itu juga bisa merupakan salah satu tolak ukur yang memperlihatkan adanya suatu varian baru," kata Dante dalam acara virtual Dialog Kabar Kamis di Media Center KPCPEN di Jakarta, Kamis (10/6).

Lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus saat ini hampir mencapai 2.000 kasus. Angka tersebut meleset dari perkiraan awal pemerintah setempat yang berkisar 200 kasus usai Idulfitri 1442 Hijriah.

Dante mengatakan hal yang perlu diwaspadai mutasi dari SARS-CoV-2 yang terjadi dari Kudus, sebab memiliki karakteristik sama dengan mutasi virus dari India dan Inggris yang menular cepat serta masif.

"Ada kecenderungan lebih cepat melakukan akselerasi penularan seperti mutasi dari India dan Inggris itu lebih cepat untuk memberikan tingkat penalaran yang lebih dramatis dibandingkan dengan mutan yang normal," ujar dia. [ray]

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini