Kemenkes Sebut Varian Omicron Ditemukan Pada Pasien dengan HIV

Senin, 29 November 2021 13:47 Reporter : Supriatin
Kemenkes Sebut Varian Omicron Ditemukan Pada Pasien dengan HIV Corona. Unsplash ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Varian B.1.1.529 atau Omicron pertama kali ditemukan di Afrika Selatan. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, kemungkinan besar penyebab munculnya varian tersebut karena sebagian besar warga Afrika Selatan penderita HIV (human immunodeficiency virus).

"Jadi kasus terjadinya varian baru ini didapatkan pada orang dengan status HIV yang belum mendapatkan vaksinasi dan juga sudah mendapatkan vaksinasi," katanya dalam konferensi pers Peringatan Hari AIDS Sedunia 2021, Senin (29/11).

Omicron bukan varian Covid-19 pertama yang berasal dari Afrika Selatan. Sebelumnya, Afrika Selatan pernah mendeteksi varian Beta atau B.1.351 yang mampu menurunkan efikasi vaksin.

Varian Beta bahkan sudah merebak di Indonesia. Data Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan 13 November 2021, kasus varian Beta di Tanah Air sebanyak 22.

"Ini hampir seperti kondisi varian yang kita tahu berasal dari Afrika Selatan yaitu varian Beta," ujarnya.

Nadia menjelaskan, pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan penutupan sementara pintu masuk bagi pelaku perjalanan internasional dari 11 negara. Kebijakan ini untuk mencegah masuknya varian Omicron.

11 Negara itu ialah Afrika Selatan, Botswana, Lesotho, Eswatini, Mozambique, Malawi, Zambia, Zimbabwe, Angola, Namibia, dan Hongkong.

Sementara itu, pelaku perjalanan internasional yang bukan berasal dari 11 negara tersebut wajib menjalani karantina selama tujuh hari saat memasuki wilayah Indonesia. Bagi pelaku perjalanan internasional yang terdeteksi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR) akan dilanjutkan dengan whole genome sequencing.

"Semua spesimen positif itu dilakukan whole genome sequencing," pungkasnya. [lia]

Baca juga:
Waspada Varian Omicron, Anggota DPD Minta Pemerintah Tingkatkan Surveilans Genomik
Gambar Lab: Mutasi Virus Corona Varian Omicron Dua Kali Lipat Lebih dari Delta
Antisipasi Varian Omicorn, Kemenhub Perketat Pintu Masuk Internasional
WHO: Belum Jelas Apakah Omicron Bisa Sebabkan Penyakit yang Lebih Parah
Gubernur Bali Tunggu Aturan Pengetatan Pemerintah Pusat Cegah Varian Omicron
Pemerintah Diminta Tak Terapkan PPKM Level 3 & 4 Hadapi Varian Omicron, ini Sebabnya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini