Kemenkes Jamin Korban Gempa Cianjur Tak Kekurangan Obat-obatan

Senin, 28 November 2022 02:04 Reporter : Lydia Fransisca
Kemenkes Jamin Korban Gempa Cianjur Tak Kekurangan Obat-obatan Pencarian Korban Longsor Cugenang. ©2022 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Plt Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Sumarjaya memastikan, stok obat aman untuk warga terdampak gempa Cianjur, Jawa Barat. Jaya memastikan, obat dapat disalurkan dengan maksimal.

"Sebenarnya obat kita saat ini sudah cukup. Jadi berapa kebutuhan, kita drop (kasih). Jadi tidak ada obat yang menumpuk," kata Jaya dalam konferensi pers, Minggu (27/11).

Jaya juga mengatakan, Kemenkes secara tanggap memberikan obat-obatan ketika dibutuhkan.

"Ketika ada kekurangan obat, kita langsung minta ke program Kementerian Kesehatan dan siap mengantar. Hari ini juga akan ada penambahan obat," tambah Jaya.

2 dari 2 halaman

Lebih lanjut, Jaya mengatakan, distribusi obat dilakukan dengan sistem check in dan check out melalui relawan.

"Check in artinya ketika relawan datang, kita daftar. Terus (kami tentukan) ke mana mereka akan pergi. Jadi bukan relawan yang tentukan, kami yang tentukan daerah-daerah mana yang sangat sulit (dijangkau). Jadi semua terdistribusikan," tambah Jaya.

Sebelumnya, Jaya juga mengungkapkan, korban dampak gempa perlu mendapatkan layanan trauma healing atau dukungan kesehatan jiwa psikososial.

"Nah kita akan menurunkan tim ini di tempat-tempat pengungsian mulai minggu besok, mulai Senin. Satu tim itu terdiri dari lima orang. Berdasarkan standar Save The Children, satu kelas itu 20-30 (orang). Satu tim itu terdiri dari satu psikiater, dua psikolog, dua perawat jiwa," jelas Jaya.

Baca juga:
BNPB: Gempa Cianjur Bukan Bencana Nasional, Kendali Dipegang Bupati
Korban Gempa Cianjur Butuh Tenda Kecil, Ini Alasannya
Mendag Zulhas Beri Bantuan Rp2,5 Miliar untuk Korban Gempa di Cianjur
Update Gempa Cianjur: Korban Tewas Bertambah Lagi, Total 321 Orang
Kemendag Salurkan Bantuan Rp2,5 Miliar untuk Korban Gempa Cianjur

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini