Kemenhub Prediksi Lonjakan Arus Balik Terjadi 16 dan 20 Mei 2021

Kamis, 13 Mei 2021 17:50 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Kemenhub Prediksi Lonjakan Arus Balik Terjadi 16 dan 20 Mei 2021 Pemudik motor diizinkan lewati pos penyekatan di Kedungwaringin. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati berbicara mengenai lonjakan perjalanan pasca hari lebaran. Kemenhub memprediksi lonjakan akan terjadi pada tanggal 16 dan 20 Mei 2021.

"Dari survei yang kami lakukan perjalanan pasca lebaran ini diprediksi terjadi lonjakan H+3 atau H+7 lebaran atau sekitar tanggal 16 dan 20 Mei 2021," katanya dalam jumpa pers terkait antisipasi mobilitas penduduk pasca Idulfitri, Kamis (13/5).

Dia menyebut, sudah tercatat lebih dari 1 juta orang lebih meninggalkan Jabodetabek. Mereka menuju ke Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur maupun pulau Sumatera.

"Sudah tercatat lebih dari satu setengah juta orang keluar dari Jabodetabek, menuju beberapa daerah utama seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur. Dan juga menuju Sumatera melalui pintunya itu di Lampung khususnya ketika melakukan perjalanan dan penyeberangan," ujarnya.

Untuk mengantisipasi mobilitas penduduk pasca lebaran, pihaknya akan meningkatkan random testing Covid - 19. Sasarannya kepada para pengguna angkutan jalan baik roda dua maupun kendaraan pribadi roda empat.

"Yang nantinya tentu akan menggunakan berbagai akses jalan baik itu jalan tol, jalan arteri maupun jalan jalan kecil lainnya," jelasnya.

Selain itu, pihaknya akan melakukan pemeriksaan tambahan di pintu pelabuhan Bakauheni. Dimana masyarakat dari Sumatera akan balik ke pulau Jawa.

"Karena memang Sumatera memiliki kecenderungan kasus yang cukup meningkat maka kita perlu mengantisipasi hal tersebut dengan melakukan wajib testing rapid antigen atau GeNose itu di pintu pelabuhan Bakauheni," pungkasnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini