Kemendikbud gelontorkan Rp 100 miliar bangun Museum Muhammadiyah di Yogyakarta

Rabu, 24 Oktober 2018 15:24 Reporter : Purnomo Edi
Kemendikbud gelontorkan Rp 100 miliar bangun Museum Muhammadiyah di Yogyakarta Muhadjir Effendy di Universitas Aisyiyah Yogyakarta. ©2018 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memprakarsai pembangunan museum Muhammadiyah. Museum Muhammadiyah ini dibangun dikompleks Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

Pembangunan museum ini sendiri sudah mulai proses penggarapannya sejak setahun lalu. Pembangunan museum Muhammadiyah ini tak lepas dari keinginan untuk menjadikan Yogyakarta sebagai makkahnya Muhammadiyah.

Selain itu, pembangunan museum juga dimaksudkan agar orang-orang yang ingin melacak sejarah Muhammadiyah cukup berkunjung ke Yogyakarta. "Kita ingin jadikan Makkahnya Muhammadiyah itu di Yogyakarta. Kalau naik haji ke Makkah. Tapi kalau ingin melacak sejarah Muhammadiyah itu ke Yogyakarta ini. Karena memang di sinilah (Yogyakarta) tempat kelahirannya," ujar Muhadjir di Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Rabu (24/10).

Terkait pembangunan Museum Muhammadiyah, Muhadjir menargetkan tahun 2019 pembangunan bisa selesai dikerjakan. Muhadjir menerangkan untuk pembangunan Museum Muhammadiyah, pihak Kemendikbud telah menggelontorkan dana sebesar Rp 100 miliar.

"Target kita tahun depan sudah selesai. Kita alokasikan anggaran untuk pembangunan sekitar Rp 100 miliar," urai Muhadjir yang berafiliasi dengan Kemenko PMK tersebut.

Muhadjir menambahkan alasan pembangunan Museum Muhammadiyah di UAD untuk menghindari pembangunan mangkrak karena kekurangan dana. Nantinya, jika dana tersebut kurang akan ditomboki oleh UAD. Meskipun demikian UAD nantinya juga akan mendapatkan keuntungan besar dari banyaknya wisatawan yang berkunjung.

"Kenapa juga di UAD. Kemarin ada kesepakatan jika dana dari Kemendikbud kurang maka yang nomboki harus UAD. Kemudian nanti yang merawat operasionalnya juga UAD. Tapi kan UAD nanti untung banyak karena nanti jadi tempat kunjungannya para turis-turis Muhammadiyah," tutup Muhadjir. [gil]

Topik berita Terkait:
  1. Kemendikbud
  2. Museum
  3. Yogyakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini