Kemendikbud Diminta Bikin Aplikasi Khusus Belajar Tanpa ke Sekolah saat New Normal

Selasa, 2 Juni 2020 11:33 Reporter : Merdeka
Kemendikbud Diminta Bikin Aplikasi Khusus Belajar Tanpa ke Sekolah saat New Normal Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. ©2020 Liputan6.com/yopi

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyatakan rencana penerapan new normal harus benar-benar hati-hati terutama di sektor pendidikan. Imbauan itu dilakukan Dasco setelah mendapat keluhan mengenai penerapan new normal di sekolah.

"Masih didetailkan karena menyangkut berbagai aspek, salah satunya ya aspek keamanan anak-anak. Saya mendapatkan banyak pertanyaan dan keluhan terkait hal ini," kata Dasco di Jakarta, Selasa (2/6).

Dasco menyarankan agar Kemendikbud bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika membuat aplikasi pembelajaran jarak jauh, sehingga meski new normal diterapkan, anak tidak perlu datang ke sekolah.

"Membuat jaringan khusus pendidikan. Interaksi sekolah tetap berlangsung seperti biasa tapi jarak jauh," ujar dia.

"Buat aplikasi khusus sekolah dan buat jalur koneksi internet tersendiri yang stabil. Setiap murid diberikan ID khusus untuk bisa akses ke aplikasi," tambahnya.

Politisi Gerindra itu juga mengingatkan nanti aplikasi itu diterapkan secara gratis. Sebab menurut dia, tidak semua orang tua murid mampu membeli kuota internet untuk mengakses aplikasi.

Meski tidak bertatap muka, Dasco menyebut aktivitas pembelajaran bisa dilakukan seperti biasa. Seperti ada jadwal mata pelajaran, guru mata pelajaran bergantian mengajar, sehingga anak tidak kehilangan sentuhan pendidikan.

"Sekarang memang sudah dilakukan, tapi sangat terbatas waktunya karena mengingat tidak semua orangtua murid mampu membeli kuota yang mahal. kekuatan jaringannya pun berbeda-beda," ujar dia.

Dia pun mengingatkan sekolah jarak jauh tidak mengubah pola belajar tapi hanya memindahkan lokasi belajar saja. Dia berharap ada solusi mengenai sistem belajar mengajar saat penerapan new normal di masa pandemi Covid-19.

"Ini keresahan masyarakat akan pendidikan anak-anak mereka ketika memasuki New Normal dan ini jangan dibiarkan berlarut- larut,” tandasnya.

Reporter: Delvira Hutabarat [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini