Kemendes bakal evaluasi penggunaan dana desa Rp 200 M untuk kawasan Asmat

Kamis, 1 Februari 2018 14:08 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Kemendes bakal evaluasi penggunaan dana desa Rp 200 M untuk kawasan Asmat Eko Putro Sandjojo saat memberikan pesan menteri dalam acara festival iklim 2018. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT), akan mengevaluasi dana desa yang diberikan untuk wilayah Asmat, Papua. Menteri Desa-PDTT, Eko Putro Sandjojo, mengatakan selama ini dana desa telah diberikan, namun perlu lebih diefektifkan.

Hal ini terkait dengan kurangnya infrastruktur yang menyebabkan terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) campak di Kabupaten Asmat.

"Tapi kan yang kita settle-kan cukup banyak. Kita luput yang belum kita settle saja, itu akan dievaluasi terus agar lebih efektif," ujar Eko di Hotel Grand Sahid, Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (1/2).

Eko mengaku, Kabupaten Asmat mendapatkan dana sebesar Rp 200 miliar pertahunnya. Sehingga masalah dana bukan menjadi kendala, namun pengawasan terhadap penggunaan dana tersebut harus lebih diintensifkan.

"Dana untuk asmat sebetulnya cukup besar ya Kabupaten Asmat dapat Rp 200 miliar dalam satu tahun. Bagaimana lebih tepat lagi penggunaan uang, itu saja," jelasnya.

Eko enggan berandai-andai penyebab terjadinya wabah di Asmat. Menurut dia, yang terjangkit merupakan masyarakat yang berpindah-pindah. Maka itu, pihaknya tengah merancang membuat pemukiman di wilayah rawa dan mengedukasi masyarakat di sana.

"Asmat kita harus dalami lagi karena masyarakatnya berpindah-pindah tidak mau settle di satu tempat dan daerah rawa-rawa. Dari beberapa pertemuan kita lagi rancang gimana bikin settlement di daerah-daerah yang rawa-rawa dan bagaimana mengedukasi masyarakatnya agar tidak berpindah," jelas Eko. [lia]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini