Kemendagri Ingatkan Pemda Jamin Pasokan Logistik Jika Terapkan PSBB

Kamis, 9 April 2020 14:55 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Kemendagri Ingatkan Pemda Jamin Pasokan Logistik Jika Terapkan PSBB Jakarta Jelang Pelaksanaan PSBB. ©2020 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Plt Dirjen Administrasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal mengingatkan pemerintah daerah menjamin pasokan logistik jika ingin menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pemda diimbau melakukan perhitungan matang jika ingin mengajukan PSBB.

"Satu hal yang harus dijamin adalah pasokan logistik, pasokan alat-alat pasokan bahan-bahan dalam rangka penanganan covid-19 ini tidak terganggu," kata dia saat jumpa pers di BNPB, Jakarta, Kamis (9/4).

Kemudian, lanjut, penerapan PSBB sangat berkaitan langsung dengan daerah sekitarnya. Dia mencontohkan DKI jakarta yang merupakan ibu kota negara memiliki keterkaitan dengan daerah sekitarnya seperti Depok, Bekasi Tangerang, Tangerang Selatan dan lainnya.

"DKI Jakarta tidak memiliki industri yang besar. Namun beberapa industri ini mengalirkan bahan-bahan material ke DKI Jakarta. Oleh karenanya nanti daerah yang akan berlakukan PSBB harus hitung," imbuhnya.

1 dari 1 halaman

Jamin Mobilitas Orang yang Lintasi Antarwilayah

Selanjutnya, pemerintah daerah juga harus menjamin mobilitas orang yang berkepentingan akan melintasi antarwilayah. "Serta diberi keterangan-keterangan kenapa orang harus melintas dan kenapa orang harus keluar rumah," kata dia.

Oleh karenanya, dalam PSBB, pemerintah anjurkan semua orang yang tidak memiliki kepentingan tetap tinggal dalam rumah. "Kecuali beberapa pihak yang menjalankan tugas yang dengan terpaksa atau karena tugas harus keluar rumah," tandasnya. [eko]

Baca juga:
Aturan PSBB Jakarta, Ketua DPRD DKI Minta Pendistribusian Bansos Diawasi
Kemendagri: Pemda Wajib Merinci Hak Dasar Hidup Masyarakat Sebelum Berlakukan PSBB
Polisi Tunggu Pergub DKI Terkait Sanksi Selama PSBB
PSBB Dimulai Besok, Pemprov DKI Pastikan Stok Pangan Warga Jakarta Aman
Ada PSBB, 166 SPBU Pertamina di Jabodetabek Hanya Beroperasi Sampai Jam 11 Malam
Ini 10 Kendaraan yang Diperbolehkan Beroperasi di DKI Selama PSBB

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini