Kemenaker berharap tak ada PHK bagi buruh Toshiba, Ford dll

Jumat, 5 Februari 2016 23:30 Reporter : Marselinus Gual
Kemenaker berharap tak ada PHK bagi buruh Toshiba, Ford dll Hanif Dhakiri. ©2014 merdeka.com/Gede Nadi Jaya

Merdeka.com - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri mengatakan, pihaknya tengah memproses potensi pemutusan hubungan kerja karyawan di empat perusahaan asing yang dikabarkan menutup pabriknya di Indonesia.

"Sekarang yang kita proses ada Chevron, Panasonic, Toshiba sama Ford Motor Indonesia. Yang empat ini juga lagi kita klarifikasikan semua (atas kemungkinan PHK), sedangkan yang lain juga masih kita cek," ujar Hanif Dhakiri di arena Musyawarah Kerja Nasional PKB di JCC, Jakarta, Jumat (5/2).

Politikus PKB itu mengatakan pemerintah menginginkan dan berharap tidak ada PHK. Pemerintah menginginkan agar ada solusi terbaik sebelum melakukan PHK.

"Kita minta ke perusahaan-perusahaan itu untuk mendialogkan rencana-rencana mereka, entah itu efisiensi atau apapun namanya untuk berdialog dengan serikat pekerja di situ," ujar Hanif.

Di sisi lain, Hanif menekankan pemerintah juga terus menyiapkan sejumlah langkah antisipasi seperti program pelatihan, program padat karya, hingga program usaha.

Sebelumnya empat perusahaan asing antara lain Chevron, Panasonic, Toshiba dan Ford Motor Indonesia dikabarkan akan menutup sejumlah atau seluruh pabriknya di Indonesia dengan beragam alasannya masing-masing. Penutupan pabrik ini ditengarai akan berujung pada PHK terhadap sejumlah karyawan. [hhw]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini