Kemenag tetap undang Muhammadiyah dalam sidang Isbat

Kamis, 19 Juli 2012 11:21 Reporter : Baiquni
Kemenag tetap undang Muhammadiyah dalam sidang Isbat Ramadan. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama (Kemenag), Bahrul Hayat, menyatakan Kemenag akan menyelenggarakan sidang Isbat sore nanti. Dalam pelaksanaan sidang ini, Kemenag tetap akan mengundang Muhammadiyah untuk terlibat dalam sidang.

"Kemenag akan sidang Isbat dengan Menag dan mengundang seluruh ormas Islam, termasuk Muhammadiyah," ujar Bahrul usai rapat koordinasi di Gedung Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Kemenko Kesra), Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (19/7).

Selain itu, kata Bahrul, Kemenag juga akan melibatkan lembaga khusus seperti badan astronomi. "Sidang ini juga akan dihadiri lembaga terkait seperti lembaga yang menangani astronomi," kata Bahrul.

Terkait alasan Kemenag tetap mengundang Muhammadiyah, Bahrul mengatakan, agar Kemenag mendapat masukan dari seluruh ormas Islam. "Pemerintah juga ingin mendengar pendapat dari masing-masing ormas Islam. Pemerintah juga menghargai pendapat masing-masing. Nanti kita tentukan yang terbaik," kata dia.

Selain itu, Bahrul berpesan, masyarakat dapat menghormati perbedaan pendapat dari masing-masing ormas. "Ini perbedaan umum, jangan dijadikan hal yang mengganggu keutuhan persatuan. Mohon semua pihak untuk menghormati," pesan dia.

Seperti diketahui Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin menyatakan tidak perlu hadir dalam sidang isbat tersebut. Din menilai sidang Isbat yang dilakukan pemerintah hanya basa-basi. [did]

Topik berita Terkait:
  1. Ramadan 2012
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini