Kemenag Tangsel: Daftar Sekarang, Berangkat Haji 24 Tahun Lagi

Jumat, 4 Juni 2021 19:38 Reporter : Kirom
Kemenag Tangsel: Daftar Sekarang, Berangkat Haji 24 Tahun Lagi Masjidil Haram. ©2020 REUTERS/Ganoo Essa

Merdeka.com - Jemaah calon haji asal Kota Tangerang Selatan, masih menunggu kepastian Pemerintah RI dan Arab Saudi, terkait pemberangkatan Jemaah calon haji tahun 2021.

"Kami ikut keputusan Kemenag Pusat," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Tangsel, Abdul Rojak dikonfirmasi, Jumat (4/6).

Dia menjelaskan, berdasarkan data seksi haji dan umroh Kemenag Tangsel, kuota jemaah calon haji asal Tangsel, di tahun 2021 ini sebanyak 1.230 jemaah. Namun, pada tahun 2020 lalu, sebanyak 1.214 kuota jemaah calon haji juga belum diberangkatkan.

"Estimasi jemaah Haji kota Tangsel, tahun 2021 yang berangkat berjumlah 1.230 jemaah dan jemaah Tangsel, yang tidak berangkat tahun 2020. Sebanyak 1.214 jemaah," ungkap Rojak.

Dia mengungkapkan, rata-rata kuota haji yang akan berangkat tersebut, didominasi oleh calon jemaah berusia rata-rata usia 40 sampai 70 tahun. Dengan masa tunggu calon haji di Tangsel, selama 24 tahun.

"Artinya kalau jemaah calon haji mendaftar tahun ini, proyeksi keberangkatannya 24 tahun yang akan datang," jelas dia.

Rojak juga menerangkan, hingga saat ini belum ada jemaah calon haji, yang menarik dana perjalanan ibadahnya, meski kesempatan keberangkatan haji saat ini belum tentu.

"Belum ada yang menarik dana hajinya. Tapi itu dimungkinkan untuk diambil berdasarkan aturan dan ketentuan," kata dia. [rnd]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini