Kemenag Jateng: Ada Perbedaan Waktu Imsakiyah Muhammadiyah 8 Menit dari Pemerintah

Kamis, 8 April 2021 17:03 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Kemenag Jateng: Ada Perbedaan Waktu Imsakiyah Muhammadiyah 8 Menit dari Pemerintah Pengurus Masjid Al Musyariin memantau hilal Ramadan. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Kepala Kementerian Agama Jawa Tengah, Musta'in Ahmad memprediksi terdapat perbedaan waktu imsak antara muhammadiyah dengan pemerintah. Batas waktu imsak bagi Muhammadiyah delapan menit lebih lama dari yang ditentukan Pemerintah.

"Baru tahun 2021 ini yang unik pada jadwal imsakiyah. Muhammadiyah telah menetapkan waktu imsak hari pertama puasa itu pukul 04.22 WIB, sementara Kemenag mengeluarkan jadwal waktu imsak pada pukul 04.14 WIB," kata Musta'in Ahmad di Semarang, Kamis (8/4).

Dia mengungkapkan pelaksanaan hari pertama Puasa Ramadan di Jateng kemungkinan tidak ada perbedaan. "Kalau penentuan hari pertama puasa, kemungkinan besar akan sama," ungkapnya.

Terkait perbedaan dalam menentukan waktu imsakiyah bakal berpotensi menjadi persoalan bagi masyarakat. Pihaknya telah memberikan informasi kepada masyarakat tentang pedoman tata cara pelaksanaan ibadah puasa kepada seluruh daerah.

"Jadi jangan sampai nanti timbul persoalan. Tujuan pedoman dibuat agar umat aman dan nyaman menjalankan ibadah puasanya," tuturnya.

Sementara itu Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan telah membahas perbedaan waktu imsakiyah agar pelaksanaan di Jateng bisa sama. "Ini hal baru, dan penting bagi kita semua memahami. Sosialisasi harus dilakukan agar masyarakat menyadari," kata Ganjar Pranowo. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini