Kemenag Bahas Mekanisme Belajar di Pondok Pesantren Saat New Normal

Rabu, 3 Juni 2020 14:04 Reporter : Merdeka
Kemenag Bahas Mekanisme Belajar di Pondok Pesantren Saat New Normal khatam quran di tengah pandemi. ©2020 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Imam Safe'i mengatakan, pihaknya tengah menggodok mekanisme pembelajaran di dalam pesantren selama masa pandemi virus Corona.

"Ini lagi dibahas tadi, belum selesai," katanya saat dikonfirmasi Liputan6.com, Rabu (3/6).

Ia mengaku belum bisa memastikan kapan kegiatan belajar mengajar bisa kembali dimulai dalam situasi pandemi ini.

Menurut Imam, belum ada satu pun keputusan yang bisa diambil terkait hal itu. Sebab secara garis besar kegiatan belajar mengajar di pesantren akan diselenggarakan dengan mematuhi protokol kesehatan.

"Intinya ngikuti protokol Gugus Tugas sama kesehatan mas," terang dia.

Dia menjelaskan, pemberlakuan protokol kesehatan di pesantren selama pandemi adalah prioritas utama. Tujuannya guna melindungi para santri di pondok dari virus asal Wuhan, China tersebut.

"Tapi (aturannya) belum resmi mas, tadi dibahas sama semua kementerian. Barusan baru selesai terus mungkin mudah-mudahan minggu-minggu ini selesai," ujarnya.

Imam tak bisa menerangkan lebih detail mengenai aturan tersebut. Ia hanya berkata akan dirilis oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama dalam waktu dekat.

"Ya kita pokoknya harus bebas Covid (di pesantren)," tutupnya.

Reporter: Yopi Makdori
Sumber: Liputan6.com [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini