Kembali ke Banyuwangi, Luhut Jawab Persoalan Nelayan Muncar

Kamis, 11 April 2019 13:40 Reporter : Mohammad Ulil Albab
Kembali ke Banyuwangi, Luhut Jawab Persoalan Nelayan Muncar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan di Banyuwangi. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan kembali melakukan kunjungan ke Kabupaten Banyuwangi. Kali ini, Luhut bertemu dengan jajaran tiga pilar, Polri, TNI dan Pemda Banyuwangi di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Kamis (11/4).

Dalam kunjungannya, Luhut menyampaikan apa yang menjadi keluhan nelayan Muncar terkait sulitnya perizinan kapal di atas 30 GT yang harus ditangani pemerintah provinsi telah terjawab.

Luhut langsung melakukan rapat bersama dinas terkait bersama nelayan di Jawa Timur agar urusan izin kapal bisa dituntaskan di tingkat kabupaten.

Sebelumnya, Luhut sudah bertemu dengan nelayan Muncar dan menerima keluhan terkait keluhan nelayan yang harus mengurus perizinan kapal di atas 30 GT, pada 29 Maret lalu.

"Titip masalah nelayan, setelah roadshow di Muncar, Probolinggo, Situbondo, Lamongan, Tegal. Kami kumpulkan nelayan, saya sudah bilang. Perahu 30 GT ke bawah cukup diselesaikan di kabupaten," ujar Luhut di hadapan jajaran tiga pilar.

Usai pertemuan tersebut, Luhut memastikan pengurusan izin kapal cukup dilakukan di tingkat kabupaten. Lebih lanjut dia juga memperhatikan alat tangkap yang ramah lingkungan dan tidak berlebihan, seperti penggunaan cantrang dan rumpon.

"Kedua, mengenai cantrang, ada macam macam, jangan sampai kena di bawah agar koral koral tidak hancur. Mereka harus disiplin, jangan sampai ada over fishing, agar ikan tidak habis," katanya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian pemerintah pusat selama ini.

Anas menilai, kedatangan Luhut ke Banyuwangi selalu membawa solusi dari setiap permasalahan yang dihadapi. Lebih lanjut, Anas menilai Luhut ibarat jalan tol, yang selalu cepat mengatasi berbagai persoalan.

"Lihat persoalan nelayan di Muncar Pak Luhut langsung gelar rapat sampaikan ke presiden, sampaikan ke dewan, masak urus kapal harus ke provinsi di bawah 30 GT, izin cukup di Banyuwangi. Pak Luhut ini seperti jalan tol, cepat kalau beliau yang urus," katanya.

Sebelumnya, Luhut telah membantu sejumlah percepatan pembangunan infrastruktur di Banyuwangi, mulai dari bandara hingga akses jalan ke Taman Nasional Alas Purwo.

"Mulai bandara, jalan ke alas Purwo. Kita butuh menteri yang cepat seperti beliau," katanya. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Banyuwangi
  2. Berita Banyuwangi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini