Kembali Ditemukan, Total 19 Korban Longsor di Sumedang Dievakuasi

Rabu, 13 Januari 2021 21:40 Reporter : Aksara Bebey
Kembali Ditemukan, Total 19 Korban Longsor di Sumedang Dievakuasi Kondisi bencana longsor di Sumedang. ©Timur Matahari/AFP

Merdeka.com - Petugas berhasil mengevakuasi tiga korban yang tertimbun longsor di Kabupaten Sumedang. Proses pencarian terus berlangsung karena diduga masih ada puluhan jenazah yang masih tertimbun. Dengan penemuan itu, total korban longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung yang berhasil dievakuasi sebanyak 19 orang. Berdasarkan antemortem, terdapat sekitar 21 orang korban lagi yang masih belum ditemukan.

Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah mengatakan, yang pertama kali ditemukan pada pagi hari satu korban berjenis kelamin laki-laku bernama Ahmad Yani (32).

Dua orang lagi masing-masing laki-laki dan perempuan ditemukan berdekatan di dalam longsoran menjelang sore hari. Namun proses identifikasi belum sampai pada identitas.

"Ditemukan tadi dalam keadaan meninggal dunia. Jenazah langsung dibawa ke puskesmas," kata Deden kepada wartawan, Rabu (12/1).

Ia menyebut proses pencarian akan terganggu dengan cuaca. Jika ada hujan yang mengguyur lokasi dengan intensitas tinggi, maka petugas akan berhenti sementara. Tujuannya menekan potensi bahaya longsor susulan.

"Kendala yang paling signifikan ditemukan oleh tim di lapangan yaitu cuaca yang tidak stabil dan curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan pergerakan tanah semakin besar yang menyebabkan potensi longsor susulan yang cukup tinggi," jelas dia.

Terpisah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang sudah mendirikan enam tenda darurat untuk tempat pengungsian korban sekaligus warga di sekitar lokasi yang rumahnya berada di lahan rawan longsor.

Kepala BPBD Kabupaten Sumedang, Ayi Rusmana menjelaskan ada 125 KK yang rumahnya masuk kategori rawan longsor. "Sehingga kami melalui pimpinan menyiapkan beberapa tenda dan diupayakan warga sudah edukasi supaya bisa dievakuasi," tuturnya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tanah Longsor
  3. Sumedang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini