Kelompok Santoso melemah, Kapolri pastikan operasi Tinombala lanjut

Jumat, 22 Juli 2016 11:32 Reporter : Juven Martua Sitompul
Kelompok Santoso melemah, Kapolri pastikan operasi Tinombala lanjut Jenderal Tito Karnavian dilantik jadi Kapolri. ©2016 dok.biro pers setpres

Merdeka.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian memastikan kekuatan kelompok teroris Mujahiddin Indonesia Timur (MIT) melemah setelah Santoso selaku pimpinan MIT tewas ditembak.

"Kelompoknya melemah karena otomatis Santoso kan digugurkan sebagai pimpinan. Sudah pasti melemah," kata Tito saat menghadiri HUT Korps Adhyaksa di Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (22/7).

Selain pentolannya dinyatakan tewas, tujuh anak buah Santoso juga ikut tewas. Diperkirakan, total anggota MIT tinggal 19 orang.

"Tapi masih ada beberapa orang yang kita tahu mereka memiliki kemampuan dan militansinya tinggi," ujarnya.

Oleh karena itu, Tito menyatakan tidak akan menarik pasukannya dari Poso. Menurut dia, operasi Tinombala bakal diperpanjang guna melumpuhkan sisa anggota MIT.

"Operasi ini sangat efektif karena operasi gabungan ini medan yang luas seperti itu. Tadinya indikatornya bahwa operasi ini berhasil, tadinya kelompok ini berhasil mereka yang mendikte dan melakukan serangan di mana-mana," ucap Tito.

"Kalau kita cabut sekarang ini, kami yang tahu persis bagaimana ancaman di sana. Kalau sekarang ini bisa muncul kembali, rebound, regrouping, konsolidasi kembali," tandas Tito. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini