KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Kejari Timika tunggu penetapan sidang korupsi Kemenag

Rabu, 8 Mei 2013 10:44 Reporter : Mohamad Taufik
ilustrasi korupsi. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Timika masih menunggu penetapan sidang kasus dugaan korupsi yang dilakukan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mimika. sidang bakal dilakukan di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Jayapura.

Kepala Seksi Pidana Khusus pada Kejari Timika, Denny Rumaekewi kepada Antara di Timika mengatakan, Kejari telah melimpahkan tersangka PR bersama barang bukti ke Pengadilan Tipikor Jayapura sejak 29 April 2013.

"Kami masih menunggu penetapan sidang oleh Pengadilan Tipikor pada PN Jayapura," kata Denny, Rabu (8/5).

Dia mengatakan, masa penahanan tersangka PR, Kepala Kantor Kementerian Agama oleh penuntut umum telah selesai pada hari Rabu (8/5) dan akan diperpanjang oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Jayapura.

Tersangka PR diduga terlibat tindak pidana korupsi dalam kegiatan sewa mobil, pengadaan pagar kantor dan kegiatan monitoring di Kantor Kementerian Agama Mimika dengan anggaran lebih dari Rp 400 juta pada tahun 2009, 2010 dan 2011.

Berdasarkan audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jayapura, ditemukan adanya dugaan unsur kerugian negara sebesar lebih dari Rp 400 juta pada kegiatan monitoring SD, SMP dan SMA pada 2009-2010. Kegiatan sewa mobil dinas pada 2009-2011 dan pemeliharaan gedung kantor pada 2009-2010.

Sebelum dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Jayapura, PR telah menjalani masa tahanan di Rutan Lapas Kelas II B Timika di Kampung Naena Muktipura sejak beberapa bulan lalu.

Barang bukti kasus tersebut yang sudah dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Jayapura berupa satu unit mobil Avanza bernomor polisi DS 1865 MC, STNK mobil, dan dokumen lainnya. Saksi-saksi yang diperiksa terkait kasus ini sebanyak 15 orang. [mtf]

Topik berita Terkait:
  1. Kasus Korupsi
  2. Kemenag

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.