KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Kejar napi Tanjung Gusta yang kabur, polisi sebar PIN BlackBerry

Senin, 15 Juli 2013 17:39 Reporter : Yan Muhardiansyah
Lapas Tanjung Gusta. ©2013 Merdeka.com/yan muhardiansyah

Merdeka.com - Polisi membuat sejumlah strategi untuk memburu narapidana yang melarikan diri dari Lapas Kelas I Tanjung Gusta, Medan. Salah satunya, mereka menyebar PIN BlackBerry.

"Kami sudah umumkan PIN BlackBerry sehingga dari Polres dari wilayah lain atau di Polda wilayah lain, apabila ada menangkap bisa mengirimkan foto napi, melalui BlackBerry," jelas Kapolresta Medan Kombes Pol Nico Afinta, Senin (15/7) sore.

PIN BlackBerry yang disebarkan yaitu 28261BA4 atas nama Mazul (Masrul Zulkarnaen). Pemegang perangkat ini merupakan petugas pos di Lapas Tanjung Gusta.

Nico menjelaskan, apabila petugas Polres dan Polda, baik di Sumut maupun wilayah lain, menangkap terduga narapidana yang kabur dapat mengirimkan foto melalui perangkat BlackBerry. Selanjutnya, tim dari Pos Penangkapan akan segera mencocokkan foto itu dengan napi-napi yang masih melarikan diri.

Selain itu, kepolisian juga menyatakan berupaya terus meng-up-date jumlah tahanan yang sudah tertangkap. Pembaharuan data dilakukan dua kali sehari, yakni tiap pukul 08.00 WIB dan 20.00 WIB.

Sampai saat ini, jelas Nico, masih ada 113 napi Lapas Tanjung Gusta yang belum tertangkap. "Tahanan kabur 212 orang, yang sudah kita tangkap 99 orang," tambah Nico.

Dia memaparkan, 20 di antara 99 napi itu menyerahkan diri. Sebanyak 10 orang di antaranya sudah ditempatkan di Lapas Anak Tanjung Gusta, 4 orang di Lapas Kelas I Tanjung Gusta, dan 6 lainnya di Rutan Kelas I Tanjung Gusta.

"Kami imbau agar mereka yang masih berkeliaran untuk segera menyerahkan diri," imbau Nico. [has]

Topik berita Terkait:
  1. Rusuh Tanjung Gusta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.