Kejaksaan Agung Belum Mau Ungkap Peran Tersangka Jiwasraya

Kamis, 16 Januari 2020 12:52 Reporter : Ahda Bayhaqi
Kejaksaan Agung Belum Mau Ungkap Peran Tersangka Jiwasraya Gedung Kejaksaan Agung. Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung, Adi Togarisman, enggan mengungkap peran para tersangka dalam kasus Jiwasraya. Adi mengatakan, peran tersangka sudah masuk dalam subtansi penyidikan.

Adi menjelaskan, saat ini penyidik kejaksaan sedang meluruskan apa-apa yang dilakukan para pelaku.

"Kami kan memeriksa saksi dalam rangka merumuskan peristiwanya apa, dan apa yang dilakukan oleh mereka sebagai tersangka. Ini kan kami sedang bekerja untuk meluruskan itu semua," ujar Adi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/1).

Dia mengatakan, untuk menetapkan tersangka perlu kajian dan analisis yang mendalam. Adi berdalih tak bisa memaparkan siapa saja yang bakal menjadi tersangka karena takut keliru.

"Kalau ditanya kemungkinan-kemungkinan selalu ada, tapi saya belum bisa dengan tergesa-gesa mengatakan si A si B sebagai tersangka. Karena tahapannya cukup panjang dan kami takut keliru menentukan tersangka," kata Adi.

1 dari 1 halaman

Jaksa Agung ST Burhanuddin melaporkan kepada Komisi III DPR telah memeriksa 130 orang saksi dan dua ahli. Burhanuddin mengatakan sudah mengeluarkan surat pencekalan terhadap 13 orang dalam kasus Jiwasraya.

Sementara, sudah ada lima tersangka dalam kasus ini. Mereka adalah Komisaris Utama PT Hanson International Benny Tjokrosaputro, Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera (Tram) Heru Hidayat, mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya Hary Prasetyo, mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Hendrisman Rahim dan mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan pada PT Asuransi Jiwasraya Syahmirwan.

"Penyidik telah menetapkan lima orang tersangka dan telah mengeluarkan surat perintah penahanan atas lima orang tersangka tersebut," kata Burhanuddin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/1). [lia]

Baca juga:
Kejagung Panggil 7 Saksi Terkait Kasus Jiwasraya Hari Ini
Presiden Jokowi Perintahkan OJK Reformasi Industri Asuransi
Ketua OJK Klaim Kinerja Industri Asuransi Aman Meski Diterpa Kasus Jiwasraya
Anggota DPR Sebut Pansus atau Panja Kasus Jiwasraya Sama Saja
Jadi Penyelamat Jiwasraya, Payung Hukum Holding Asuransi Diteken Februari
Hari Ini, Komisi III DPR Raker dengan Jaksa Agung Bahas Jiwasraya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini