Kejagung-Polri akan Penuhi Undangan KPK Gelar Perkara Kasus Djoko Tjandra

Kamis, 10 September 2020 18:13 Reporter : Nur Habibie
Kejagung-Polri akan Penuhi Undangan KPK Gelar Perkara Kasus Djoko Tjandra Djoko Tjandra. ©ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melakukan gelar perkara kasus yang diduga melibatkan Djoko Soegiarto Tjandra. Agenda itu rencananya akan dilakukan pada Jumat (11/9) besok dengan mengundang Polri dan Kejaksaan Agung.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Hari Setiyono mengatakan, pihaknya akan menghadiri kegiatan yang akan dilakukan lembaga antirasuah tersebut. "Infonya akan hadir Pak Jam Pidsus beserta para Direktur," kata Hari saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis (10/9).

Meski begitu, ia mengaku tidak mengetahui materi apa yang akan disampaikan dalam gelar perkara tersebut. "Maaf materinya saya belum tahu, kita tunggu saja hasilnya besok ya," ujarnya.

Selain itu, Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, pihaknya sudah menerima undangan dari KPK terkait kegiatan gelar perkara tersebut. "Kalau ada undangan tentunya akan hadir, sudah (diterima undangannya). (Yang hadir) penyidik Dit Tipikor," ujar Argo.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengundang pihak Kepolisian RI dan Kejaksaan Agung dalam rangka gelar perkara kasus yang diduga melibatkan Djoko Soegiarto Tjandra (DST) atau Djoko Tjandra, Jumat, 11 September 2020.

"Sebagai pelaksanaan kewenangan koordinasi dan supervisi sebagaimana ketentuan UU, KPK mengundang pihak Bareskrim Mabes Polri dan Kejaksaan Agung untuk gelar perkara di KPK pada hari Jumat, 11 September 2020 terkait perkara yang diduga melibatkan tersangka DST dan kawan-kawan," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Kamis (10/9).

Namun Ali belum bersedia menjelaskan gelar perkara kasus yang dimaksud. Dia berjanji pada saatnya akan membeberkannya secara rinci kepada publik.

"Perkembangan terkait kegiatan ini akan kami informasikan lebih lanjut," kata Ali.

Ali mengatakan, untuk gelar perkara bersama pihak Bareskrim Mabes Polri dijadwalkan dimulai pukul 09.00 WIB, sementara dengan pihak Kejaksaan Agung akan dimulai pukul 13.30 WIB hingga selesai.

Diketahui, Kejagung dan Bareskrim Polri tengah mengusut skandal Djoko Tjandra. Kejagung telah menetapkan Jaksa Pinangki Sirna Malasari, pengusaha Andi Irfan Jaya, dan Djoko Tjandra sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pengurusan Peninjauan Kembali (PK) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) dan permintaan fatwa di Mahkamah Agung (MA).

Sementara Bareskrim Polri telah menetapkan mantan Kepala Biro Pengawasan (Korwas) PPNS Bareskrim Brigjen Prasetijo Utomo, mantan Kadiv Hubinter Polri Irjen Napoleon Bonaparte, serta Anita Kolopaking selaku pengacara Djoko Tjandra sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait surat jalan dan penghapusan red notice Djoko Tjandra. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini