Kejagung akan periksa Suswono soal korupsi benih di Kementan

Senin, 25 Februari 2013 16:02 Reporter : Mustiana Lestari
Gedung Kejaksaan Agung. Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Proses pengusutan korupsi pengadaan benih di Kementerian Pertanian terus berjalan. Hingga saat ini penyidik Kejaksaan Agung telah memeriksa sejumlah saksi dari Kementerian Pertanian dan PT Sang Hyang Seri.

"Empat hari lalu kan sudah periksa 47 saksi dari perusahaan, dari Kementan 10 orang kepala dinas," kata Kasubdit Humas dan Media Massa Kejaksaan Agung (Kejagung) Suhendri di Kejaksaan Agung, Senin (25/2).

Ketika ditanya apakah ada kemungkinan menteri pertanian juga ikut diperiksa, Suhendri memberi sinyal hal itu bisa saja dilakukan. Tapi mengenai waktunya, dia menyerahkan ke penyidik.

"Ada kemungkinan Mentan diperiksa, tapi sekarang fokus kepemeriksaan perusahaan tersangka. Ini prosesnya masih panjang," tutupnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kejaksaan Agung telah menetapkan tiga tersangka terkait pengadaan benih hibrida di Kementan. Mereka adalah K (Kaharuddin) selaku Dirut PT Sang Hyang Seri, S karyawan PT Sang Hyang Seri, dan H Manager cabang PT Sang Hyang Seri di Tegal pada Sabtu lalu.

Adapun tindak pidana yang diduga dilakukan mereka bersama oknum dari Kementan adalah tidak menyalurkan lima persen anggaran pengelolaan benih kepada kantor regional daerah. Kemudian mereka diduga melakukan rekayasa harga benih sehingga harganya mahal. Bahkan mereka disinyalir terbukti menyalurkan benih ke per orangan, bukan ke tempat semestinya. [did]

Topik berita Terkait:
  1. Kasus Korupsi
  2. Kementan
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.