Kebakaran hutan meluas, Istana minta Polri segera investigasi & buru pelaku

Rabu, 25 Juli 2018 18:13 Reporter : Merdeka
Kebakaran hutan meluas, Istana minta Polri segera investigasi & buru pelaku kebakaran lahan Gambut. ©2018 Merdeka.com/Abdullah Sani

Merdeka.com - Sejumlah daerah di Pulau Sumatera dan Kalimantan mulai dilanda kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan. Kondisi tersebut diperparah dengan masuknya musim kemarau.

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, meminta Kepolisian menindak tegas apabila menemukan pelaku pembakaran hutan dan lahan sebagai sikap tegas pemerintah.

"Kami serahkan ke Kepolisian untuk melakukan investigasi, bekerjasama dengan unsur lain. Kami tegas kalau ada sesuatu yang direncanakan itu, akan diseleksi secara hukum," kata Moeldoko di kantornya, gedung Bina Graha, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (25/7).

Menurut Moeldoko, sampai saat ini Polri dan instansi terkait masih melakukan investigasi. Namun, belum ditemukan adanya pelaku yang sengaja menyebabkan kebakaran hutan dan lahan.

"Belum ada yang ketangkap," ucap Moeldoko.

Moeldoko mengingatkan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta instansi terkait lainnya untuk mewaspadai kondisi ini. Sebab, dalam waktu dekat akan digelar Asian Games di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan.

"Kami mengingatkan kembali, hati-hati pada tahun ini akan ada Asian Games dan annual meeting di Bali, worldbank dan IMF," kata mantan Panglima TNI ini.

"Musim panas yang akan kita hadapi ini, agar semakin meningkatkan kesiapsiagaan," sambung dia.

Reporter: Hanz Salim

Sumber: Liputan6.com [lia]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini