Kebakaran hutan landa 3 kabupaten di Kalimantan Barat

Sabtu, 18 Agustus 2018 05:00 Reporter : Saud Rosadi
Kebakaran hutan landa 3 kabupaten di Kalimantan Barat Apel bendera di atas lahan bekas terbakar. ©2018 Istimewa

Merdeka.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Manggala Agni, siaga penuh menangani Karhutla di Kalimantan Barat. Ada 3 kabupaten, yang menjadi fokus mereka, yakni di kabupaten Sambas, kabupaten Kubu Raya serta kabupaten Ketapang.

"Karena 3 lokasi kabupaten ini, ada kebakaran cukup besar. Fokus, agar tidak terus meluas," kata Komandan Manggala Agni Daerah Operasi Pontianak, Sahat Irawan, kepada wartawan di Pontianak, Jumat (17/8).

Sahat menerangkan, Karhutla di Sambas, adalah yang paling besar. Apalagi, wilayahnya berdekatan dengan perbatasan negara tetangga, Malaysia. "Karena itu berhubungan dengan marwah negeri. Karena ketika asap melintasi batas negara, jadi sorotan dunia, bahwa kita tidak mampu," ujar Sahat.

"Penanganan Sambas, jadi perintah langsung menteri KLHK, dan langsung kita perkuat di sana. Untuk Ketapang, di sana potensi gambut besar dan dalam. Jadi, juga kita siagakan personel besar-besaran di sana," tambah Sahat.

Menurut Sahat, kebakaran lahan di Pontianak yang notabene akses mudah dijangkau, di luar perkiraan Manggala Agni. "Ada 182 desa rawan (Karhutla), kami siaga di 60 desa sekarang ini, juga mengantisipasi Karhutla," terang Sahat.

"Kami dampingi masyarakat, mengedukasi, agar bagaimana bisa menghindari menggunakan api, ikut menangani dini kalau menemukan api, dan membangun desa agar tersedia embung air," terang Sahat.

Sahat sendiri tidak menampik, Karhutla di Kalimantan Barat saat ini, memang meningkat dibanding tahun sebelumnya. "Kami punya telaah teknis, lahan memang kering. Terhadap korban (meninggal) kami berempati. Kami harus terus berupaya, agar masyarakat benar-benar merubah perilaku (tidak membakar lahan)," ujar Sahat.

Di kota Pontianak pagi tadi, 500 biker apel HUT Kemerdekaan RI ke-73, di areal bekas lahan terbakar, dan juga pemadaman lahan terbakar oleh relawan Damkar Swadeshi Borneo. Pascaitu, dilanjutkan dengan pembagian ribuan masker bagi pengguna jalan, mengingat kabut asap di ibu kota provinsi Kalbar itu, sudah mulai pekat. [rzk]

Topik berita Terkait:
  1. Kebakaran Hutan
  2. Pontianak
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini