Kawal Sidang Gugatan First Travel, Korban Kompak Pakai Kemeja Putih

Selasa, 23 April 2019 17:32 Reporter : Nur Fauziah
Kawal Sidang Gugatan First Travel, Korban Kompak Pakai Kemeja Putih Sidang gugatan jemaah first travel. ©2019 Merdeka.com/Nur Habibie

Merdeka.com - Puluhan korban calon jemaah First Travel (FT) menghadiri sidang gugatan perdata PMH FT di Pengadilan Negeri Depok pada Selasa (23/4/). Saat di persidangan, para korban mengenakan seragam warna putih dengan tulisan 'Kembalikan Aset First Travel Untuk Keberangkatan Jemaah'.

Pengacara korban FT, Riesqy Rahmadiansyah mengatakan, materi gugatan terkait keberangkatan jemaah First Travel. Mereka meminta aset yang disita negara agar dikembalikan pada jemaah. Pasalnya aset tersebut adalah uang jemaah yang gagal berangkat dan bukan dari hasil korupsi.

"Tuntutan kami tetap sama agar aset dikembalikan pada jemaah. Yang nantinya akan digunakan untuk memberangkatkan jemaah juga," katanya, Selasa (23/4).

Gugatan ini, dia mengungkapkan, merupakan gugatan untuk seluruh jemaah. Karena jika aset disita dan dirampas untuk negara, maka tidak ada kewajiban pemberangkatan dari pemerintah.

"Dalam KUHAP kalau dirampas negara, bukan berarti untuk berangkatkan jemaah tapi dimasukan ke kas negara, enggak ada diberangkatkan oleh negara," ujarnya.

Oleh karenanya calon jemaah korban First Travel kompak mengawal sidang gugatan tersebut. Karena mereka ingin agar hak mereka terpenuhi.

"Jemaah sudah sepakat mereka akan mengawal persidangan ini degan menggunakan kemeja putih dengan ada tulisan sebagai makna pesan dan dibaca hakim," paparnya.

Menurutnya, kemeja putih yang dikenakan sebagai simbol kampanye dan perlawanan. Bahkan kata dia, nantinya kemeja putih ini akan dikenakan setiap persidangan. "Mereka pakai kemeja putih beli secara patungan," pungkasnya. [fik]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini