Kawal pemeriksaan Rizieq Syihab, pendukung kumpul di Masjid Pusdai

Senin, 13 Februari 2017 11:04 Reporter : Dian Rosadi
Kawal pemeriksaan Rizieq Syihab, pendukung kumpul di Masjid Pusdai Massa FPI di Masjid Pusdai. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab tengah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penodaan Pancasila di Mapolda Jabar, Jalan Sukarno Hatta, Senin (13/2). Di tengah pemeriksaan, massa pendukung Habib Rizieq berkumpul di Masjid Pusdai Jabar, Jalan Diponegoro.

Masa dari Aliansi Pergerakan Islam Jawa Barat (API Jabar) ini menggelar doa dan zikir. Aksi yang dilakukan ini sebagai bentuk dukungan kepada Habib Rizieq yang saat ini sedang menjalani pemeriksaan di Mapolda Jabar.

"Kita mengetahui ada pemanggilan Habib Rizieq ke Polda Jabar. Untuk mengawal (pemeriksaan) Habib di Polda, kegiatan ini API gelar demi menjaga kondusifitas, ketertiban dan ketentraman. Jangan sampai terjadi hal yang tak diinginkan," ujar Koordinator Aksi Asep Syaripudin kepada wartawan di Pusdai, Senin (13/2).

Asep menuturkan, aksi ini berlangsung sejak pukul 09.00 Wib. Kegiatan diisi dengan berbagai rangkaian acara seperti zikir, doa bersama, baca Al-Quran serta tausiyah.

"Ini acara mulai pemeriksaan jam 09.00 Wib, tapi kami fasilitasi dari subuh. Ada zikir, tausiah, shalat dhuha, mendengarkan tausiah dari para guru-guru. Untuk aksi sendiri akan berlangsung sesuai dengan pemeriksaan Habib Mapolda Jabar. Ini dilakukan agar masyarakat paham apa yang terjadi di negeri ini," katanya

Asep mengungkapkan, aksi ini sebagai bentuk dukungan secara langsung kepada para ulama yang menurutnya saat ini sedang dikriminalisasi. Untuk itu melalui aksi ini dirinya meminta dihentikannya kriminalisasi terhadap ulama.

"Umat islam mengatakan beliau pimpinan, dan akan menarik perhatian meski pun habib belum pernah mengumpulkan. Lihat orang datang dengan kesadarannya," ungkapnya.

Menurut Asep, gelombang massa akan terus berdatangan. Massa aksi datang dari berbagai daerah tidak hanya dari Jawa Barat.

"Mereka datang dari berbagai daerah, ada yang datang Lombok, Aceh, Medan, Sulawesi, Makasar, Pontianak, Mentawai. Ini luar biasa belum lagi perwakilan dari tiap Kabupaten,"pungkasnya.

Berdasarkan pantauan Merdeka Bandung, massa aksi tampak dengan khusyuk mengikuti kegiatan zikir dan tausiyah di dalam area masjid. Sebagian massa juga berada di lorong-lorong area masjid.

Berbeda dengan aksi sebelumnya, tidak ada massa yang mengawal kehadiran Habib Rizieq seperti pada pemeriksaan sebagai saksi pada Kamis 12 Januari lalu di depan Mapolda Jabar. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini