Kasus Muncikari Alona di Bandung, Polda Jabar Panggil Artis hingga Pramugari

Rabu, 23 Desember 2020 15:54 Reporter : Aksara Bebey
Kasus Muncikari Alona di Bandung, Polda Jabar Panggil Artis hingga Pramugari 3 Tersangka kasus dugaan prostitusi online. ©2020 Merdeka.com/Aksara Bebey

Merdeka.com - Penyidik Ditreskrimsus Polda Jabar memanggil enam orang saksi berkaitan dengan kasus dugaan prostitusi online pada 30 Desember. Mereka berasal dari berbagai latar belakang, dari mulai artis, model, pramugari hingga pegawai bank.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Erdi A. Chaniago mengatakan surat pemanggilan sudah dilayangkan. Saat ini, pihaknya menunggu respons atau kesediaan dari para saksi untuk hadir dalam pemanggilan.

"Saksi yang akan dipanggil kurang lebih enam orang nanti, itu jatuhnya nanti di tanggal 30 Desember enam orang surat panggilan sudah dilayangkan. Belum tahu (hadir atau tidak)," kata dia di Mapolrestabes Bandung, Rabu (23/12).

Enam orang tersebut dipanggil berdasarkan hasil pengembangan pemeriksaan dan bukti yang sudah dikumpulkan oleh penyidik. Mayoritas dari para saksi tersebut adalah calon korban.

"Iya, (enam orang saksi itu) dari hasil pemeriksaan tersangka kemudian dari keterangan saksi yang sebelumnya sudah diperiksa kemudian dari hasil data yang diterima atau diperoleh dari HP mereka yang sudah dilakukan penahanan," ucap dia.

"Namanya itu berinisial SAS, kemudian SC, DL, MC, A, dan V. Itu enam orang yang akan diminta keterangan. Ini ada model, artis, pramugari dan pegawai bank," terang Erdi.

Erdi mengaku belum bisa memberikan keterangan lebih detil mengenai saksi tersebut apakah sudah pernah terlibat dalam praktik prostitusi atau tidak, termasuk hubungan antara mereka dengan para muncikari yang sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Dari hasil pemeriksaan belum final, jadi masih didalami karena kita melihat data-data itu dan bukti yang dimiliki oleh penyidik.

Disinggung mengenai laki-laki yang memesan model dan selebgram TA, Erdi pun menyebut masih dalam pendalaman.

"Sudah (diperiksa), statusnya masih didalami mudah-mudahan ada perkembangan. (latar belakangnya) Itu nanti," katanya.

Diberitakan sebelumnya, dalam kasus ini, tiga orang sudah ditetapkan sebagai tersangka. Mereka berinisial RJ (44) yang diamankan di Jakarta, AH (40) diamankan di Medan dan MR (34) diamankan di Kabupaten Bogor. Mereka bekerjasama mencari perempuan untuk ditawarkan melalui media sosial berinisial BM.

RJ alias Meauw dan AH alias nookie28 diduga memperdagangkan wanita dengan mengunggah foto di media sosial atau situs berinisial BM. Unggahan tersebut biasanya disertakan dengan deskripsi yang memiliki muatan kesusilaan.

Sedangkan tersangka berinisial MR alias Alona berperan sebagai muncikari yang menyediakan wanita berprofesi model, artis, selebgram. Selain itu, ia pun bisa mencarikan wanita yang berlatar belakang lain, seperti pekerja swasta.

TA yang berstatus saksi sudah diperbolehkan pulang oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Jabar pada Sabtu (19/12/2020) petang. Namun dia dikenakan wajib lapor dua kali dalam sepekan. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini