Kasus Ledakan Bondet di Pasuruan, Polisi Tetapkan 4 Tersangka

Rabu, 15 September 2021 16:13 Reporter : Erwin Yohanes
Kasus Ledakan Bondet di Pasuruan, Polisi Tetapkan 4 Tersangka Ledakan bom ikan hancurkan rumah di Pasuruan. ©2021 Merdeka.com/Istimewa

Merdeka.com - Polisi akhirnya menetapkan 4 orang sebagai tersangka dalam kasus ledakan bom ikan atau disebut juga bondet di Dusun Macan Putih, Desa Pekangkungan, Kecamatan Gondangwetan, Pasuruan, beberapa waktu lalu.

Penetapan 4 orang sebagai tersangka ini diungkapkan oleh Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Pol Arman. Ia menegaskan, setelah melalui proses rangkaian penyidikan, penyidik akhirnya menetapkan 4 orang sebagai tersangka dalam kasus yang menewaskan 2 orang tersebut.

Keempat orang yang ditetapkan sebagai tersangka itu antara lain, Abdul Hofar (43) dan ayahnya, Mat Sodiq yang juga meninggal dunia di tempat kejadian, serta istri Hofar dan Abdul Rozak.

"Kita tetapkan 4 orang tersangka. Dua orang yang meninggal di lokasi kejadian, dan dua lagi yakni IF dan AR. IF ini istri tersangka yang sudah membantu membuat detonator sejak setahun terakhir dan AR yang ikut membantu," katanya pada wartawan, Rabu (15/9).

Kapolres menambahkan, istri Hofar ditetapkan sebagai tersangka lantaran terbukti terlibat dalam pembuatan detonator untuk bom ikan, sejak satu tahun lalu. Begitu pula dengan AR yang mengaku telah membantu memproduksi detonator dari dua bulan lalu.

Kapolres menambahkan, selama membuat detonator, keempat tersangka saling bekerja sama. Terlebih untuk menyembunyikan aktifitas dalam merakit bom ikan, agar tak diketahui tetangga yang lain. Alasan ekonomi, menjadi motif utama para pelaku untuk merakit bom. " Alasan ekonomi atau untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari katanya mereka," ungkapnya.

Sementara itu, untuk mengungkap asal usul bahan baku bom yang dimiliki oleh para tersangka, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengaku Polda Jatim telah membentuk tim

"Polda Jatim telah membentuk tim, untuk menelusuri asal usul bahan kimia yang didapatkan para pelaku," ucapnya. [eko]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Bom Ikan
  3. Pasuruan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini