Kasus Korupsi Proyek Pasar Manggisan, Mantan Kadisperindag Jember Dituntut 4,5 Tahun

Rabu, 5 Agustus 2020 00:01 Reporter : Muhammad Permana
Kasus Korupsi Proyek Pasar Manggisan, Mantan Kadisperindag Jember Dituntut 4,5 Tahun Ilustrasi Pengadilan. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jember, Anas Maruf mendapat tuntutan paling rendah dibandingkan dengan tiga terdakwa lain, dalam kasus dugaan korupsi proyek Pasar Manggisan, Jember.

Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang dikoordinatori Kasi Pidana Khusus Kejari Jember, Setyo Adhi Wicaksono menuntut, Anas hukuman 4 tahun 6 bulan dan denda Rp 100 juta, subsider 3 bulan penjara. Berbeda dengan tiga terdakwa lain, Anas tidak dituntut untuk mengganti kerugian negara.

Alasannya, dalam fakta persidangan sebelumnya, Anas dinilai jaksa tidak ikut menikmati aliran uang korupsi. Begitu pula dengan pasal yang dijeratkan jaksa kepada Anas. Yakni Pasal 3 UU Tipikor, tentang penyalahgunaan kewenangan jabatan.

Sedangkan tiga terdakwa lain, semuanya dituntut oleh jaksa hukuman penjara 7 tahun 6 bulan, dengan denda Rp 300 juta. Adapun tuntutan uang pengganti berbeda-beda dari masing-masing terdakwa.

Terdakwa Edhi Sandhi yang merupakan pelaksana proyek, dituntut mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 1,181 miliar, subsidair 1 tahun 6 bulan kurungan.

Sugeng Irawan Widodo alias Dodik, yang merupakan konsultan perencana, dituntut untuk mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 90.238.257. Namun, tuntutan penggantian kerugian negara itu dilakukan secara tanggung renteng dengan anak buah Dodik, yakni Muhammad Fariz Nurhidayat.

Fariz merupakan satu-satunya terdakwa yang mengajukan permohonan Justice Collaborator (JC) atau pelaku yang bekerjasama, kepada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Fariz juga sempat menjadi sorotan, karena beberapa kali menyebut keterlibatan bupati Jember, dr Faida dalam aliran dana korupsi.

Baca Selanjutnya: Tanggapan Pengacara Anas...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kasus Korupsi
  3. Jember
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini