Kasus kondensat, Bareskrim rampungkan berkas eks bos TPPI

Senin, 10 Agustus 2015 18:22 Reporter : Supriatin
Kasus kondensat, Bareskrim rampungkan berkas eks bos TPPI Gedung Bareskrim Mabes Polri. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Kepala Bareskrim Polri Komjen Budi Waseso mengatakan, berkas penyidikan tersangka korupsi penjualan kondensat oleh PT TPPI dan BP Migas, Honggo Wendrarno telah rampung. Menurut Budi, berkas tersebut dipastikan rampung berdasarkan pemeriksaan kedua terhadap mantan bos PT TPPI di Singapura itu, pada (7/8) lalu.

"Dari berita acara yang bersangkutan sudah lengkap," kata Budi di Mabes Polri, Senin (10/8).

Budi menegaskan, dengan rampungnya berkas tersebut sehingga dipastikan akan segera dikirim ke kejaksaan. "Ya, kalau sudah selesai saya kirimlah," ujarnya.

Budi mengatakan, tim penyidik yang dipimpin langsung oleh Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri, Brigjen Victor Edison Simanjuntak, tengah memeriksa Honggo di Singapura.

"Pemeriksaan masih (seputar) TPPI itu," kata dia.

Menurut Budi, kepolisian masih mempertimbangkan alasan kemanusian mengenai penjemputan Honggo untuk melanjutkan proses hukum di Indonesia. Mengingat lanjut Budi, keberadaan tersangka di Singapura itu keperluan berobat.

"Dia sekarang masih berobat dan sakit. Dalam kondisi sakit dan itu juga ada surat keterangan dokternya," ujarnya.

Budi menambahkan, selama pemeriksaan Honggo juga didampingi dokter untuk memantau kesehatannya. Karena masih sakit, kepolisian belum berencana membawa pulang Honggo ke Indonesia.

"Ya iya dong, kita kan harus menghormati itu. Masa orang sakit kita paksa? Kalau ada apa-apa siapa yang bertanggungjawab?" imbuh dia.

"Nantikan kami hubungi dokter. Kalau sudah sembuh, bisa dibawa," pungkasnya. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini