Kasus Kematian Covid-19 Tinggi, Pemkab Klaten Siapkan 26 Tempat Isolasi Terpusat

Kamis, 22 Juli 2021 14:50 Reporter : Arie Sunaryo
Kasus Kematian Covid-19 Tinggi, Pemkab Klaten Siapkan 26 Tempat Isolasi Terpusat Ilustrasi Covid-19. Liputan6 ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Kabupaten Klaten menyiapkan sedikitnya 26 tempat isolasi terpusat bagi pasien dengan gejala ringan atau OTG (orang tanpa gejala) Covid-19. Mengingat kasus Covid-19 di kabupaten tersebut terus naik, dengan korban meninggal yang cukup tinggi.

Ketua Gugus Tugas (Gugas) Pengendalian Penyakit (PP) Covid 19 Kabupaten Klaten, dr Ronny Rukminto mengatakan isolasi terpusat dipilih lantaran sudah tidak ada lagi ruangan kosong di rumah sakit. Selain itu BOR (bed occuoancy rate) atau keterisian tempat tidur RS di Klaten juga sudah overload.

"Di lokasi isolasi terpusat kita sudah punya 1.054 tempat tidur dari 26 lokasi terpusat. Baik di tingkat kabupaten, kecamatan maupun desa," ujar Ronny, Kamis (22/7).

Yang menjadi masalah saat ini, menurut Ronny, bagaimana cara memobilisir para pasien dari rumah ke lokasi isolasi terpusat. Pihaknya masih menunggu masukan dari Kapolda Jateng, Irjen Pol, Ahmad Luthfi, besok pagi.

"Hari ini kita persiapkan lapangan. Tadi seluruh kepala desa sudah dikumpulkan bupati untuk kita siapkan sasarannya. Nanti yang akan mengumpulkan dari Datim yang dibentuk Kapolda," katanya.

Ronny menyebut tingginya angka kematian pasien Covid-19 di Klaten dipicu oleh BOR yang sudah overload. Kemudian masyarakat Covid-19 yang terpapar mengalami penurunan saturasi, gagal mendapatkan kamar perawatan di rumah sakit dan bantuan oksigen, sehingga akhirnya harus meninggal dunia.

"Itu (penyebab kematian) yang pertama. Walaupun jumlahnya tidak banyak, tetapi karena ini merupakan kematian yang tidak biasanya, yang seharusnya bisa kita tangani, ini menjadi luar biasa," katanya.

Penyebab kematian selanjutnya, menurut dia, adalah, banyaknya masyarakat yang tidak menyadari atau tidak merasa jika dirinya terpapar Covid-19. Sehingga setelah jatuh, sudah dalam kondisi yang parah.

"Beberapa hal ini yang menyebabkan angka kematian di z Klaten itu cukup tinggi," pungkas dia.

Bupati Klaten, Sri Mulyani menambahkan, pihaknya saat ini tengah fokus memindahkan warga yang melakukan isolasi di rumah ke tempat isolasi terpusat.

"Sudah dimulai dari kemarin sebenarnya. GOR itu kan sudah dimulai dari kemarin untuk dipakai," tutupnya. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini